Persepsi guru akuntansi dalam mempersiapkan penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) terhadap tingkat profesionalisme di SMA Negeri dan sederajat se-kabupaten Situbondo / Alfi Faizati Ni'mah - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru akuntansi dalam mempersiapkan penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) terhadap tingkat profesionalisme di SMA Negeri dan sederajat se-kabupaten Situbondo / Alfi Faizati Ni'mah

Alfi Faizati Ni'mah (2008) Persepsi guru akuntansi dalam mempersiapkan penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) terhadap tingkat profesionalisme di SMA Negeri dan sederajat se-kabupaten Situbondo / Alfi Faizati Ni'mah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyempurnaan kurikulum telah dilakukan di semua jenjang pendidikan mulai dari tingkat dasar sampai tingkat menengah yang tentunya disesuaikan dengan tuntutan zaman. KTSP merupakan penyempurnaan dari KBK. KTSP lebih membebaskan sekolah dalam mengembangkan kurikulum sendiri untuk muatan lokal yang disesuaikan dengan kondisi murid dan lingkungannya. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui variabel-variabel kesiapan penerapan KTSP yang mempengaruhi profesionalisme guru akuntansi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksplanasi asosiatif. Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan persepsi guru akuntansi dalam mempersiapkan penerapan KTSP secara parsial maupun simultan terhadap tingkat profesionalisme. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru akuntansi di 10 SMA Negeri dan Sederajat Se-Kabupaten Situbondo yang berjumlah 31 orang. Hasil penelitian ini adalah (1)Terdapat pengaruh antara persepsi guru akuntansi dalam mempersiapkan perencanaan kegiatan pembelajaran terhadap tingkat profesionalisme dengan nilai 946 1 0 222 nilai t hitung 1 435 signifikansi t 0 000.(2)Terdapat pengaruh antara persepsi guru akuntansi dalam mempersiapkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran terhadap tingkat profesionalisme dengan nilai 946 2 0 327 nilai t hitung 2 541 signifikansi t 0 001.(3)Terdapat pengaruh antara persepsi guru akuntansi dalam mempersiapkan evaluasi hasil belajar terhadap tingkat profesionalisme dengan 946 3 0 306 nilai t hitung 1 805 signifikansi t 0 002. (4) Persepsi guru akuntansi dalam mempersiapkan perencanaan kegiatan pembelajaran pelaksanaan kegiatan pembelajaran evaluasi hasil belajar secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat profesionalisme dengan nilai signifikansi F 0 00 0 05. Kesimpulan dalam penelitian ini (1) Terdapat pengaruh antara persepsi guru akuntansi dalam mempersiapkan perencanaan kegiatan pembelajaran terhadap tingkat profesionalisme.(2) Terdapat pengaruh antara persepsi guru akuntansi dalam mempersiapkan pelaksanaan kegiatan pembelajaran terhadap tingkat profesionalisme.(3) Terdapat pengaruh antara persepsi guru akuntansi dalam mempersiapkan evaluasi hasil belajar terhadap tingkat profesionalisme.(4) Persepsi guru akuntansi dalam mempersiapkan perencanaan kegiatan pembelajaran pelaksanaan kegiatan pembelajaran evaluasi hasil belajar secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat profesionalisme. Saran yang dapat diberikan adalah (1) Guru sebagai pelaksana kegiatan pembelajaran dikelas hendaknya melakukan proses sosialisasi terkait dengan kurikulum baru ini.(2) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran dikelas merupakan hal yang paling dominan didalam mempengaruhi tingkat profesionalisme guru akuntansi oleh karena itu perlu dikembangkan dan terus diperbaiki baik itu dalam metode maupun pendekatan yang dilakukan. (3) Bagi kepala sekolah agar lebih memperhatikan proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas sehingga dapat dengan mudah mengatasi kendala-kendala yang dihadapi guru saat mengajar.(4) Responden hanya guru akuntansi di SMA Negeri dan Sederajat Se-Kabupaten Malang. Disarankan untuk mengambil sampel penelitian seluruh guru akuntansi baik negeri maupun swasta di kabupaten Situbondo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34130

Actions (login required)

View Item View Item