Analisis faktor-faktor internal dan eksternal penyebab kesulitan siswa kelas XI Jurusan IPS dalam memahami materi pelajaran akuntansi di MAn 2 Situbondo / Umi Rofiah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor-faktor internal dan eksternal penyebab kesulitan siswa kelas XI Jurusan IPS dalam memahami materi pelajaran akuntansi di MAn 2 Situbondo / Umi Rofiah

Umi Rofiah (2009) Analisis faktor-faktor internal dan eksternal penyebab kesulitan siswa kelas XI Jurusan IPS dalam memahami materi pelajaran akuntansi di MAn 2 Situbondo / Umi Rofiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Belajar merupakan aktivitas manusia yang membutuhkan pikiran dan tindakan mandiri. Belajar dilaksanakan melalui beberapa fase yang menjadikan manusia akan memperoleh wawasan keterampilan dan perubahan tingkah laku. Dalam melaksanakan proses belajar maka siswa tidak akan terlepas dengan masalah masalah yang bisa menghambat mereka untuk mencapai kesuksesan dalam belajarnya. Masalah-masalah tersebut harus diketahui oleh semua pelaku pendidikan maka penulis mengadakan suatu penelitian tentang faktor-faktor internal dan eksternal penyebab kesulitan siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami materi pelajaran akuntansi. Faktor internal yang disebutkan di atas merupakan faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami materi pelajaran yang berasal dari dalam diri siswa sendiri yang meliputi faktor minat belajar bakat motivasi belajar dan kebiasaan belajar. Sedangkan faktor eksternalnya adalah faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam belajar yang berasal dari luar diri siswa yang meliputi faktor guru peran orang tua dan sosial masyarakat. Berdasarkan tujuan ini maka akan diadakan penelitian deskriptif dengan populasi penelitian yaitu semua siswa kelas XI jurusan IPS yang berjumlah 92 orang siswa sedangkan sampelnya yaitu siswa kelas XI yang nilai akuntansinya kurang dari atau sama dengan 6 yang berjumlah 37 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang mengalami kesulitan belajar akuntansi berdasarkan hasil analisis faktor masing-masing faktor mempunyai nilai loading faktor internal yaitu minat sebesar 0 821 bakat sebesar 0 545 motivasi sebesar 0 740 kebiasaan belajar sebesar 0 713 dan faktor eksternal yaitu faktor guru sebesar 0 936 peran orang tua sebesar 0 274 dan sosial masyarakat sebesar -0 094. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada siswa agar lebih meningkatkan semangat belajar dan memperbaiki cara belajarnya dengan memanfaatkan waktu luang untuk belajar dan belajar bukan dengan cara menghafal tetapi dengan memahami agar mudah mengingat semua materi pelajaran. Orang tua sebagai orang yang lebih dekat dengan siswa saat berada di rumah disarankan agar menanamkan kedisiplinan anak sejak dini saat belajar di rumah dan memberikan kesempatan mengikutkan anaknya les untuk mata pelajaran yang masih kurang dikuasai. Keadaan sosial masyarakat juga banyak berpengaruh terhadap belajar siswa sehingga siswa harus berada dalam lingkungan sosial masyarakat yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34126

Actions (login required)

View Item View Item