Umi Lailiya Agustin (2009) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat serta motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi akuntansi kelas XI AK SMKN 1 Lumajang / Umi Lailiya Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru dalam menerapkan keterampilannya mengajar memerlukan adanya tanggapan penilaian dan koreksi pihak siswa agar tetap bisa menciptakan suasana belajar yang memungkinkan siswa untuk berprestasi secara maksimal. Oleh karena itu dalam proses belajar mengajar di kelas guru harus dapat menumbuhkan minat dan motivasi belajar pada diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi akuntansi (2) Pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi akuntansi (3) Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi akuntansi (4) Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat serta motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda (uji t dan uji F) dengan tingkat signifikansi 5%. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian akuntansi di SMKN 1 Lumajang tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 67 siswa. Sampel penelitian ini merupakan sampel populasi dengan jumlah 67 siswa. Teknik pengumpulan data adalah angket dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0 0160 signifikansi t 0 012. Minat belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 0 0492 signifikansi t 0 003. Motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 0 0481 signifikansi t 0 000. Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat serta motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0 732. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh masing-masing uji hipotesis yang menunjukkan bahwa (1) Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa (2) Minat belajar siswa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (3) Motivasi belajar siswa secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar (4) Persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat serta motivasi belajar siswa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Diharapkan pihak guru mampu meningkatkan kemampuan dalam penguasaan komponen-komponen mengajarnya dikelas. (2) Sebagai pemimpin sekolah hendaknya mendorong guru-guru untuk lebih aktif dalam meningkatkan keterampilan-keterampilan guru mengajar (3) Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menemukan kelemahan-kelemahan dari studi ini dengan melibatkan beberapa variabel yang lebih besar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34124 |
Actions (login required)
View Item |