Pengaruh persepsi mahasiswa tentang kondisi fasilitas perkuliahan terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Wienda Adriyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi mahasiswa tentang kondisi fasilitas perkuliahan terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Wienda Adriyana

Wienda Adriyana (2010) Pengaruh persepsi mahasiswa tentang kondisi fasilitas perkuliahan terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Wienda Adriyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi merupakan daya penggerak dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu demi mencapai suatu tujuan dalam hal ini belajar. Motivasi memegang peranan penting dalam memberikan gairah dan rasa senang dalam belajar sehingga mahasiswa yang termotivasi memiliki energi banyak untuk melakukan kegiatan belajar. Motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa adalah kondisi fasilitas perkuliahan. Persepsi mahasiswa tentang fasilitas perkuliahan merupakan cara pandang mahasiswa mengenai kondisi fasilitas (sarana dan prasarana ) yang menunjang dalam kegiatan perkuliahan baik itu kuantitas maupun kualitasnya. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh persepsi mahasiswa tentang kondisi fasilitas perkuliahan terhadap motivasi belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi ( Explanatory Research ). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Populasi data dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang diwakili sampel sebesar 105 mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan pada akhir bulan Nopember sampai Desember 2007. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa kondisi fasilitas perkuliahan mempunyai pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa yaitu 51 3% dan sisanya sebesar 48 7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian. Implikasi dari hasil analisis di atas adalah bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kondisi fasilitas perkuliahan terhadap motivasi belajar mahasiswa. Mahasiswa jurusan akuntansi memiliki motivasi belajar yang tergolong baik dan kondisi fasilitas perkuliahan di Fakultas Ekonomi UM juga baik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar fasilitas perkuliahan perlu lebih ditingkatkan guna lebih memotivasi mahasiswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34123

Actions (login required)

View Item View Item