Analisis pengaruh persepsi guru atas keterampilan kepemimpinan kepala sekolah terhadap perkembangan sekolah di MAN Gondanglegi (dalam perspektif persepsi guru) / Siti Nur Qoyyimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pengaruh persepsi guru atas keterampilan kepemimpinan kepala sekolah terhadap perkembangan sekolah di MAN Gondanglegi (dalam perspektif persepsi guru) / Siti Nur Qoyyimah

Siti Nur Qoyyimah (2009) Analisis pengaruh persepsi guru atas keterampilan kepemimpinan kepala sekolah terhadap perkembangan sekolah di MAN Gondanglegi (dalam perspektif persepsi guru) / Siti Nur Qoyyimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah sebagai sistem terbuka sebagai sistem sosial dan sekolah sebagai agen perubahan bukan hanya harus peka penyesuaian diri melainkan seharusnya pula dapat mengantisipasi perkembangan-perkembangan yang akan terjadidalam kurun waktu tertentu. Salah satu kekuatan efektif dalam pengelolaan sekolah yang berperan bertanggung jawab menghadapi perubahan adalah kepemimpinan kepala sekolah yaitu keterampilan kepemimpinan kepala sekolah yang mampu memprakarsai pemikiran baru di dalam proses interaksi di lingkingan sekolah. Seorang kepala sekolah adalah orang yang benar-benar seorang pemimpin seorang inovator. Oleh sebab itu kualitas kepemimpinan kepala sekolah signifikan sebagai kunci keberhasilan sekolah. Dari permasalahan yang ada maka penelitian ini dilaksanakan di MAN gondanglegi yang diduga memiliki banyak perkembangan sekolah. Penelitian ini untuk mengetahui apakah keterampilan kepemimpinan kepala sekolah mampu mempengaruhi perkembangan sekolah di MAN Gondanglegi. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif korelasional penelitian ini berusaha untuk menjelaskan pengaruh keterampilan kepemimpinan kepala sekolah terhadap perkembangan sekolah di MAN Gondanglegi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di MAN Gondanglegi sebanyak 48 guru. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variable bebas (X) dan variable terikat (Y). Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah keterampilan kepemimpinan kepala sekolah dan variable terikat (Y) adalah perkembangan sekolah. Alat analisis yang digunakan adalah regresi sederhana pengujian t dan pengujian F. pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket atau kuisioner kepada 48 guru MAN Gondanglegi dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan kepemimpinan kepala sekolah terhadap perkembangan sekolah di MAN Gondanglegi. Jadi faktor keterampilan kepala sekolah sangat berpengaruh terhadap perkembangan sekolah. Adapun saran yang dapat peneliti berikan kepada MAN Gondanglegi diharapkan agar kepala sekolah MAN Gondanglegi dapat mempertahankan dan meningkatkan keterampilan kepemimpinan kepala sekolah untuk perkembangan sekolah di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34121

Actions (login required)

View Item View Item