Hubungan antara tipe mengajar guru dengan motivasi belajar siswa (studi di SMAN 1 Kediri tahun ajaran 2007/2008) / Imam Abdullah Isnaini - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara tipe mengajar guru dengan motivasi belajar siswa (studi di SMAN 1 Kediri tahun ajaran 2007/2008) / Imam Abdullah Isnaini

Imam Abdullah Isnaini (2008) Hubungan antara tipe mengajar guru dengan motivasi belajar siswa (studi di SMAN 1 Kediri tahun ajaran 2007/2008) / Imam Abdullah Isnaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas pengajaran sangat menentukan keberhasilan siswa. Kualitas pengajaran antara lain bagaimana cara tingkah laku guru menyajikan materi yang harus diajarkan dengan integritas kepribadian guru (tipe mengajar). Setiap tipe mengajar yang digunakan oleh guru membawa pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap pencapaian hasil yang diharapkan. Penggunaan tipe mengajar yang demokratis dan terbuka merupakan stimulus yang menghendaki tanggapan dari siswa dan bagaimana siswa akan menyikapinya. Adanya tipe mengajar yang demokratis bertujuan agar siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas sehingga nantinya diharapkan siswa dapat termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tipe mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Kediri tahun ajaran 2007/2008. Adapun variabel bebas (X) yang digunakan adalah tipe mengajar guru sedangkan variabel terikat (Y) adalah motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS-2 di SMA Negeri 1 Kediri yang berjumlah 120 siswa. Metode yang dipakai dalam penelitian sampel adalah teknik purposive sampling. Sampel penelitian mengambil siswa kelas XI IPS-2. Penelitian mengambil sampel sebanyak 40 siswa atau sekitar 33 33% dari populasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan regresi linier sederhana serta diolah dengan bantuan komputer program SPSS for Windows Versi 10 00. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai uji t untuk tipe mengajar guru adalah 3 424 dengan signifikansi 0 001 0 05 sehingga Ho ditolak Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara tipe mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Kediri Tahun Ajaran 2007/2008. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah 1) Peneliti lain yang berminat terhadap masalah yang sama hendaknya hasil penelitian ini dikembangkan mengingat keterbatasan yang ada 2) Guru sebagai pemegang peranan penting dalam pembelajaran hendaknya selalu meningkatkan kemampuan mengajarnya dan bersifat terbuka terhadap ide-ide yang membangun demi peningkatan mutu pendidikan serta menganggap peserta didik sebagai partner yang saling bekerja sama dan 3) Kepala sekolah hendaknya memperhatikan memberikan pengarahan dan bantuan bagi guru yang mempunyai masalah dalam mengajar agar keterampilan mengajarnya tetap baik misalnya dengan pelatihan ataupun seminar guru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34120

Actions (login required)

View Item View Item