Perbedaan prestasi belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi perusahaan jasa materi jurnal penyesuaian dengan menggunakan model pembelajaran modul dan pembelajaran konvensional (studi di SMK BM Ardjuna 02 Malang) / Dina Mariana - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi perusahaan jasa materi jurnal penyesuaian dengan menggunakan model pembelajaran modul dan pembelajaran konvensional (studi di SMK BM Ardjuna 02 Malang) / Dina Mariana

Dina Mariana (2008) Perbedaan prestasi belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi perusahaan jasa materi jurnal penyesuaian dengan menggunakan model pembelajaran modul dan pembelajaran konvensional (studi di SMK BM Ardjuna 02 Malang) / Dina Mariana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran modul merupakan pembelajaran yang digunakan untuk mengatasi perbedaan individual siswa sebab dalam proses belajar masing-masing siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda antara siswa yang satu dengan siswa yang lain. Sehingga dalam pembelajaran modul siswa diberi kesempatan untuk belajar menurut gaya belajar dan kemampuan masing-masing. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui prestasi belajar siswa yang menggunakan modul dan tanpa modul pada mata diklat siklus akuntansi perusahaan jasa materi jurnal penyesuaian serta menguji perbedaan prestasi belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran modul dan konvensional tersebut dengan melihat ada tidaknya perbedaan dari hasil tes prestasi belajar dan penilaian sikap kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 SMK BM Ardjuna 02 Malang tahun pelajaran 2007/2008 dengan jumlah 99 siswa yang terbagi ke dalam 3 kelas. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimental dengan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang ditetapkan terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas I Akuntansi sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas I Penjualan sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diajar dengan menggunakan modul dalam pembelajaran sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang diajar tanpa menggunakan modul dalam pembelajaran. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh langsung dari subyek penelitian. Berdasarkan perhitungan deskriptif data tes kemampuan awal menunjukkan kriteria kurang tetapi setelah menggunakan modul kriteria menjadi baik dan prestasi belajar siswa yang tidak menggunakan modul yang awalnya rata-rata nilainya pada kriteria kurang naik menjadi kriteria cukup. Sedangkan penilaian sikap kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan analisis uji-t diperoleh hasil perhitungan thitung ttabel pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran modul dan konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan untuk menaikkan kriteria baik menjadi baik sekali dalam mengajar guru SMK BM Ardjuna 2 Malang dapat menggunakan pembelajaran modul dan bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan revisi instrumen penelitian dan modul pada materi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34119

Actions (login required)

View Item View Item