Meningkatkan prestasi siswa melalui pembelajaran berbasis penilaian portofolio pada mata pelajaran akuntansi di SMK "Ardjuna" 01 Malang / Yayuk Endang Kusrini - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan prestasi siswa melalui pembelajaran berbasis penilaian portofolio pada mata pelajaran akuntansi di SMK "Ardjuna" 01 Malang / Yayuk Endang Kusrini

Yayuk Endang Kusrini (2009) Meningkatkan prestasi siswa melalui pembelajaran berbasis penilaian portofolio pada mata pelajaran akuntansi di SMK "Ardjuna" 01 Malang / Yayuk Endang Kusrini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan. Peran pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas damai terbuka dan demokratis. Oleh karena itu pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan portofolio sebagai salah satu bentuk penilaian (assessment) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran akuntansi. Portofolio merupakan kumpulan hasil siswa dari kerja yang sengaja diperbuat siswa untuk menunjukkan bukti kompetensi pemahaman dan capaian siswa dalam mata pelajaran tertentu. Rancangan portofolio dalam penelitian ini meliputi catatan hasil belajar tugas rangkuman materi tugas individu dan kelompok soal kuis dan revisinya soal ulangan harian dan lembar refleksi diri. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X jurusan akuntansi SMK Ardjuna 01 Malang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan persentase dengan menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Analisis data dilakukan setiap kali pemberian tindakan berakhir dan sesudah pengumpulan data. Untuk penyajian data dilakukan dengan menyusun sekumpulan informasi secara naratif (data yang diperoleh dari hasil observasi dan dokumen) maupun statistik dengan metode persentase (data yang diperoleh dari masing-masing skor portofolio). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi siswa dilihat dari keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi yang dilihat dari hasil nilai ulanagn harian. Pada siklus I keaktifan siswa sebesar 6.67% dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 20%. Nilai ulangan siswa pada siklus I hanya mencapai ketuntasan sebesar 43.33% akan tetapi pada siklus II meningkat mencapai 90% dari jumlah keseluruhan siswa sedangkan untuk keberhasilan tindakan menunjukkan peningkatan sebesar 12.09%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis penilaian portofolio dapat diterapkan dengan baik dan dapat meningkatakan prestasi siswa dalam pembelajaran akuntansi di SMK Ardjuna 01 Malang. Untuk penelitian selanjutnya disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut misalnya terhadap evaluasi dan kinerja guru. Selain itu penelitian hendaknya dilakukan pada waktu yang relatif lebih lama misal satu semester dengan pemilihan waktu yang tepat agar penelitian dapat berjalan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34117

Actions (login required)

View Item View Item