Pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif model TGT-problem posing terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII SMA Negeri 2 Bangkalan / Dewi Sri Sundari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif model TGT-problem posing terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII SMA Negeri 2 Bangkalan / Dewi Sri Sundari

Dewi Sri Sundari (2009) Pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif model TGT-problem posing terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII SMA Negeri 2 Bangkalan / Dewi Sri Sundari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metode pembelajaran akuntansi yang diterapkan di SMA Negeri 2 Bangkalan adalah metode konvensional yakni ceramah tanya jawab dan pemberian tugas. Dalam metode pembelajaran ini siswa hanya berperan sebagai penerima informasi secara pasif karena hanya mencatat dan mendengarkan informasi dari guru saja. Salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa selama proses pembelajaran adalah metode pembelajaran kooperatif model TGT-Problem Posing. Metode pembelajaran kooperatif model TGT-Problem Posing memberikan kesempatan kepada siswa untuk membuat soal atau pertanyaan sesuai dengan konteks bahasan atau materi yang diberikan guru dan menyelesaikan soal yang telah dibuat. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui pengaruh Metode pembelajaran kooperatif model TGT-Problem Posing terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 2 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII IPS di SMAN 2 Bangkalan tahun pelajaran 2007/2008. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Sampel yang didapat adalah siswa kelas XII IPS3 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan metode pembelajaran kooperatif model TGT-Problem Posing dan siswa kelas XII IPS1 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional. Penelitian ini diukur dari aspek kognitif. Analisis data meliputi uji normalitas uji homogenitas uji kesamaan dua rata-rata kemampuan awal dan uji hipotesis dengan uji t one-tailed. Hasil analisis diperoleh t hitung sebesar 6 629 dan t tabel sebesar 1 665 dengan nilai signifikasi (0 000) (0 05) maka H0 ditolak dan H1 diterima dapat disimpulkan metode pembelajaran kooperatif model TGT-Problem Posing mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pretasi belajar antara siswa yang diajar melalui metode pembelajaran kooperatif model TGT-Problem Posing dengan prestasi belajar siswa yang diajar melalui metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan (1) untuk mengukur indikator lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa seperti aspek afektif dan psikomotorik. (2) diharapkan melakukan penelitian tindakan kelas supaya prestasi belajar siswa dapat diketahui secara detail.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34116

Actions (login required)

View Item View Item