Pengaruh cara belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa SMK Arjuna 01 Malang dan SMK PGRI 02 Malang / R. Andreas Budi Sutanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh cara belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa SMK Arjuna 01 Malang dan SMK PGRI 02 Malang / R. Andreas Budi Sutanto

R. Andreas Budi Sutanto (2009) Pengaruh cara belajar dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa SMK Arjuna 01 Malang dan SMK PGRI 02 Malang / R. Andreas Budi Sutanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peranan nyata yang dilakukan oleh sekolah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa ialah dengan membekali pengetahuan pada anak didik. Pada SMK pengetahuan tersebut berupa pengetahuan praktis untuk diterapkan pada dunia kerja. Pemberian pengetahuan tersebut melalui proses belajar-mengajar. Proses belajar mengajar menunjukkan suatu interaksi antara guru dengan siswa. Interaksi tersebut menunjukkan bahwa antara guru dengan siswa harus sama-sama berperan aktif. Salah satu peran aktif siswa ialah belajar. Siswa yang belajar secara maksimal akan mengalami peningkatan hasil belajar. Belajar maksimal dapat dilakukan melalui cara belajar yang efektif serta memiliki kebiasaan belajar yang baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1)menjelaskan besarnya pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar (2)menjelaskan besarnya pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar (3)menjelaskan besarnya pengaruh cara dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel cara belajar kebiasaan belajar dan prestasi belajar. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas satu jurusan akuntansi tahun ajaran 2006/2007pada SMK Arjuna 01 Malang dan SMK PGRI 02 Malang. Populasi siswa kelas satu tersebut sebanyak 69 siswa semua populasi dijadikan sampel penelitian Teknik pengumpulan data ialah angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dimana syarat untuk melakukan analisis ialah terpenuhinya uji asumsi klasik Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)cara belajar berpengaruh secara positif terhadap prestasi belajar sebesar 29.12% dengan signifikansi (0.00

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34115

Actions (login required)

View Item View Item