Penerapan scaffolding learning pada pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yeni Kusuma Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan scaffolding learning pada pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yeni Kusuma Wardani

Yeni Kusuma Wardani (2008) Penerapan scaffolding learning pada pembelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang / Yeni Kusuma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Scaffolding learning merupakan suatu pembelajaran dimana guru memberikan bantuan sementara kepada siswa kemudian mengurangi bantuan tersebut dan pada akhirnya menghilangkan sama sekali sehingga mendorong siswa untuk membangun pengetahuan dan kemampuan berpikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan scaffolding learning terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 3 SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Siklus I dan siklus II ditempuh selama enam kali pertemuan. Masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Tindakan yang diberikan pada siklus I dan siklus II berupa penerapan rencana pembelajaran dengan scaffolding learning. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah jurnal dan posting ke buku besar pada perusahaan jasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa yaitu sebesar 56% dengan kriteria cukup meningkat menjadi 90 % dengan kriteria baik sekali. Nilai rata-rata aspek kognitif siswa pada siklus I sebesar 67 meningkat pada siklus II menjadi 87 9. Hasil penilaian aspek afektif pada siklus I dan siklus II diperoleh persentase berdasarkan aspek yang dinilai yaitu (1) kerjasama dalam kelompok sebesar 73 6% dengan kriteria baik meningkat menjadi 92% dengan kriteria sangat baik (2) keaktifan dalam kelompok dari 56 2% dengan kriteria cukup meningkat menjadi 73% dengan kriteria baik serta (3) keberanian bertanya dan menjawab sebesar 52 8% dengan kriteria cukup menjadi 79 8% dengan kriteria baik. penilaian aspek psikomotorik pada siklus I diperoleh persentase yaitu kemampuan menyiapkan buku jurnal 58 3% dengan kriteria cukup melakukan pencatatan transaksi dalam jurnal umum 52 8% dengan kriteria cukup dan ketelitian pencatatan dalam jurnal umum 56 2%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase kemampuan menyiapkan buku besar 78 4% dengan kriteria baik melakukan posting dari jurnal umum ke dalam buku besar 79 8% serta teliti melakukan posting ke dalam buku besar 82 7%. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan adalah sebagai berikut (1) bagi guru dalam pelaksanaan scaffolding learning harus lebih sering berkeliling kelas untuk memberikan bantuan kepada siswa (2) bagi siswa harus belajar mandiri dan tidak tergantung pada bantuan yang diberikan guru serta dapat bekerjasama dengan teman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34113

Actions (login required)

View Item View Item