Niken Hapsari Gusmeirina (2009) Implementasi pembelajaran akuntansi berorientasi life skill serta kesesuaian praktik kerja industri berdasarkan kurikulum nasional dan lokal pada pola pendidikan sistem ganda di SMK Negeri 2 Kediri / Niken Hapsari Gusmeirina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan dalam mewujudkan lulusan yang berkompeten dalam memasuki dunia kerja diperlukan pengembangan kecakapan hidup (life skill) yang diwujudkan melalui Pendidikan Sistem Ganda. Tercapainya tujuan ini dilihat dari kesesuaian praktik kerja industri berdasarkan kurikulum. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Implementasi pembelajaran akuntansi Life Skill melalui Pendidikan Sistem Ganda (2) Kesesuaian Praktik Kerja Industri dengan Kurikulum Nasional dan (3) Kesesuaian Praktik Kerja Industri dengan Kurikulum Lokal SMK Negeri 2 Kediri. Jenis penelitian adalah deskriptif komparatif. Subyek penelitian siswa XII Akuntansi 2007. Teknik pengumpulan data yaitu angket wawancara dan dokumen. Analisis secara deskriptif berupa narasi serta menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Life skill yang didapat pembelajaran akuntansi SMK Negeri 2 Kediri melalui Pendidikan Sistem Ganda meliputi personal skill social skill academic skill dan vocational skill serta terdapat manfaat siswa yaitu siswa mendapat pengalaman mengetahui cara kerja di dunia nyata menambah pengetahuan dan keahlian (skill) yang nantinya sebagai bekal di masa depan. Praktik kerja industri yang dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kediri telah sesuai dengan Kurikulum Nasional. Dari hasil penelitian terhadap operasionalisasi praktik kerja industri menunjukkan sebagian besar siswa yaitu 67 8% siswa menilai sedang (sesuai). Implementasi praktik kerja industri yang didasarkan pada kurikulum SMK Negeri 2 Kediri menunjukkan kesesuaian. Hal ini dapat diketahui dari sejumlah siswa yang bidang pekerjaan praktik industrinya termasuk pada kualifikasi akuntansi adalah 63 25% serta sebagian besar siswa yaitu 81 6% telah melakukan kompetensi yang didasarkan pada Kurikulum SMK Negeri 2 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian maka kesimpulannya implementasi pembelajaran akuntansi life skill melalui PSG adalah sangat baik namun terdapat kendala yang dihadapi siswa maka disarankan agar siswa lebih banyak meningkatkan personel skill vocational skill serta comunication skill dengan orang lain. Kesesuaian prakerin dengan Kurnas adalah baik namun terdapat ketidaksesuaian maka disarankan agar materi pelatihan dan fasilitas pelatihan disesuaiakan dengan tuntutan industri. Kesesuaian prakerin dengan KTSP SMK Negeri 2 Kediri adalah baik namun praktik siswa yang dilakukan kurang kepada akuntansi maka disarankan praktik pengerjaan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang yaitu pencatatan transaksi keuangan laporan keuangan dan skilus akuntansi dilakukan dalam praktik di industri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Mar 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34112 |
Actions (login required)
View Item |