Hubungan supervisi akademik yang diperoleh guru dari pengawas dengan kualitas mengajarnya di sekolah dasar negeri se Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan / Ema Ratna Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan supervisi akademik yang diperoleh guru dari pengawas dengan kualitas mengajarnya di sekolah dasar negeri se Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan / Ema Ratna Wulandari

Wulandari, Ema Ratna (2011) Hubungan supervisi akademik yang diperoleh guru dari pengawas dengan kualitas mengajarnya di sekolah dasar negeri se Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan / Ema Ratna Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci supervisi akademik pengawas sekolah kualitas mengajar guru Pengawas sekolah adalah salah satu orang yang bertanggung jawab terhadap kondisi belajar mengajar di sekolah hendaknya juga memperhatikan terhadap kemajuan guru dalam mengajar. Pengawas sekolah harus mampu dalam melaksanakan supervisi baik terhadap sekolah secara umum dan kegiatan belajar guru. Supervisi akademik oleh pengawas merupakan bantuan profesional yang berkaitan dengan proses pembelajaran di kelas sehingga dapat membantu guru agar selalu berkualitas dalam kegiatan belajar mengajar setiap hari karena guru adalah orang yang terlibat langsung dengan peserta didik sebagai salah satu output pendidikan yang akan menyukseskan tujuan pendidikan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini terbagi menjadi tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umumnya adalah untuk mengetahui tingkat hubungan supervisi akademik yang diperoleh guru dari pengawas dan kualitas mengajarnya. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk (1) mengetahui tingkat supervisi akademik yang diperoleh guru dari pengawas di SD Negeri se-Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan (2) mengetahui tingkat kualitas mengajar guru di SD Negeri se-Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan (3) mengetahui tingkat hubungan supervisi akademik yang diperoleh guru dari pengawas dengan kualitas menyusun perencanaan pembelajaran (4) mengetahui tingkat hubungan supervisi akademik yang diperoleh guru dari pengawas dengan kualitas dalam melaksanakan pembelajaran (5) mengetahui tingkat hubungan supervisi akademik yang dilakukan diperoleh guru dari pengawas dengan kualitas dalam evaluasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini yaitu guru SD Negeri se-Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan dengan jumlah 371 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel menurut tabel Morgan dan Krejcie ditentukan sebanyak 191 orang guru. Sedangkan instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Skala yang digunakan merupakan skala Likert dengan 5 (lima) pilihan jawaban. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan teknik korelasi product moment. Untuk menguji kelayakan instrumen yang disusun digunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dalam penelitian ini yaitu korelasi product moment dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Special Services) 16.0 for windows. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu rhitung sebesar 0 616 rtabel 0 141 dengan taraf signifikansi 5% dengan ii probabilitas 0 000

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3411

Actions (login required)

View Item View Item