Pengaruh minat memilih program keahlian akuntansi dan motivasi belajar akuntansi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 01 Malang / Ismeiwati Sanyoto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat memilih program keahlian akuntansi dan motivasi belajar akuntansi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 01 Malang / Ismeiwati Sanyoto

Ismeiwati Sanyoto (2009) Pengaruh minat memilih program keahlian akuntansi dan motivasi belajar akuntansi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi di SMK Ardjuna 01 Malang / Ismeiwati Sanyoto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minat merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan prestasi belajar dimana merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih program keahlian di SMK. Besarnya minat seseorang terhadap suatu hal dapat digunakan sebagai pemicu keberhasilan belajar demikian juga dengan minat untuk menentukan program keahlian yang akan dipilih akan mendorong siswa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi di program keahlian tersebut. Dalam dunia pendidikan motivasi sangat diperlukan agar siswa dapat belajar secara optimal motivasi merupakan faktor psikologis yang berfungsi menimbulkan mendasari dan mengarahkan perbuatan belajar. Motivasi bukan saja menggerakkan tingkah laku tetapi juga mengarahkan dan memperkuat tingkah laku siswa. Siswa yang termotivasi dalam belajar akan menunjukkan minat kegairahan dan ketekunan yang tinggi dalam belajar tanpa banyak bergantung pada guru. Minat dapat timbul karena adanya motivasi demikian juga dengan motivasi dapat timbul karena adanya minat untuk mendalami suatu program keahlian. Minat dan motivasi merupakan dua hal yang berpengaruh dalam pencapaian prestasi belajar siswa yang optimal. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) Pengaruh positif dan signifikan antara minat memilih program keahlian akuntansi terhadap prestasi belajar. (2) Pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa program keahlian akuntansi terhadap prestasi belajar. (3) Pengaruh positif dan signifikan antara minat memilih program keahlian dan motivasi belajar akuntansi terhadap prestasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi ganda dengan menggunakan bantuan program SPSS 10.00 for Windows. Populasi penelitian ini diambil dari keseluruhan siswa kelas XI yang berjumlah 68 siswa. Dalam penelitian ini tidak diambil sampel karena jumlah dari populasi kurang dari 100 sehingga penelitian ini termasuk penelitian populasi. Hasil analisis menunjukkan (1) Besarnya t hitung 2 276 t tabel 1 996 dengan taraf kepercayaan 95% (alpha 0 05) dengan tingkat signifikansi sebesar 0 026. Artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan antara minat memilih program keahlian akuntansi terhadap prestasi belajar siswa. (2) Besarnya t hitung 2 728 ttabel 1 996 pada taraf kepercayaan 95% (alpha 0 05) dengan tingkat signifikansi sebesar 0 008. Artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. (3) Diketahui Fhitung 16 841 Ftabel 3 138 dengan taraf signifikansi 0 000 yang berada di bawah 0 05 berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan antara minat memilih program keahlian akuntansi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa. Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian adalah (1) Agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa maka sekolah perlu menyediakan fasilitas antara lain penambahan sejumlah perlengkapan untuk kegiatan praktik yang dapat mendorong siswa untuk lebih menekuni program keahlian akuntansi dan berusaha mempelajari program keahlian akuntansi dengan semaksimal mungkin. (2) Seorang guru hendaknya dapat menumbuhkan motivasi yang dimiliki oleh siswa agar dapat mencapai hasil belajar lebih baik. (3) Sebagai seorang siswa hendaknya dapat menumbuhkan dan mempertahankan minat dalam belajarnya baik di sekolah maupun di luar sekolah sehingga dapat menunjang prestasi belajarnya. (4) Bagi peneliti yang mempunyai keinginan mengadakan penelitian sejenis disarankan untuk menambah variabel yang belum diteliti karena masih banyak faktor yang berperan penting dalam pencapaian prestasi belajar secara optimal selain minat dan motivasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34109

Actions (login required)

View Item View Item