Dwi Muti'ah (2009) Persepsi dan pemahaman guru akuntansi di SMA negeri se-kabupaten Nganjuk terhadap kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) / Dwi Muti'ah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan merupakan salah satu faktor yang menentukan kualitas kehidupan bangsa peranannya sangat penting terutama untuk menciptakan kehidupan yang cerdas damai terbuka dan demokratis. Untuk itu diperlukan penataan kembali sistem pendidikan disertai upaya peningkatan mutu pendidikan yang lebih baik dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan nasional serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia. KTSP merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai keunggulan masyarakat bangsa dalam penguasaan ilmu dan teknologi seperti yang digariskan dalam haluan negara. Kemunculan kurikulum ini membuat sebagian guru di Indonesia merasa kebigungan dan kesulitan karena KTSP ini menuntut guru untuk mengembangkan KTSP secara mandiri termasuk didalamya guru Akuntansi di SMA Negeri se- Kabupaten Nganjuk. Terlepas dari sikap tersebut guru sebagai pelaksana utama dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran disekolah mau tidak mau guru dituntut untuk mampu menerapkan KTSP dalam kegiatan belajar mengajar dan dituntut untuk meningkatkan kreatifitasnya dalam mengembangkan KTSP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pemahaman guru Akuntansi terhadap KTSP (2) persepsi guru Akuntansi terhadap pelaksanaan KTSP (3) kesulitan guru Akuntansi dalam mengembangkan KTSP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Subyek penelitian ini adalah seluruh guru Akuntansi di SMAN se-Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 32 orang. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat pemahaman guru terhadap KTSP diperoleh persentase 38% (2) persepsi guru Akuntansi terhadap pelaksanaan KTSP diperoleh persentase 41 4% (3) tingkat kesulitan guru dalam mengembangkan KTSP diperoleh persentase 51 7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Pemahaman guru Akuntansi adalah cukup baik (2) persepsi guru Akuntansi terhadap pelaksanaan KTSP adalah cukup baik (3) tingkat kesulitan guru Akuntansi dalam mengembangkan KTSP adalah cukup sulit.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34107 |
Actions (login required)
View Item |