Analisis minat dan motivasi belajar serta sikap siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMAN 1 Pamekasan Madura / Nujmatul Laily - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis minat dan motivasi belajar serta sikap siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMAN 1 Pamekasan Madura / Nujmatul Laily

Nujmatul Laily (2009) Analisis minat dan motivasi belajar serta sikap siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMAN 1 Pamekasan Madura / Nujmatul Laily. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minat belajar merupakan kegairahan dan ketertarikan siswa pada pada matapelajaran. Minat merupakan alat utama yang dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar merupakan daya psikis di dalam diri siswa yang menimbulkan arah pada kegiatan belajar sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Siswa yang termotivasi untuk belajar dapat dilihat dari sikap siswa karena motivasi akan menyebabkan terjadinya suatu perubahan energi yang ada pada diri individu untuk kemudian bertindak atau berperilaku.Sikap siswa merupakan cara bereaksi terhadap rangsangan/situasi tertentu yang dihadapi. Minat belajar motivasi belajar serta sikap siswa pada matapelajaran Akuntansi merupakan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa di SMAN 1 Pamekasan Madura. Penelitian yang dilakukan pada siswa IPS di SMAN 1 Pamekasan Madura tahun ajaran 2007/2008 bertujuan untuk mengetahui Analisis Minat Belajar dan Motivasi Belajar serta Sikap Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Matapelajaran Akuntansi di SMAN 1 Pamekasan Madura. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPS SMAN 1 Pamekasan Madura yang berjumlah 160 siswa dengan sampel sebesar 25% atau sebesar 40 responden. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara minat belajar siswa dan motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai sig t 0 000 yang jauh lebih kecil dari taraf sig 0 05. Terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara minat belajar dan sikap siswa yang terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai sig t 0 000 yang jauh lebih kecil dari taraf sig 0 05. Terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar yang terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai sig t 0 012 lebih kecil dari taraf sig 0 05. Terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara sikap belajar siswa terhadap prestasi belajar yang terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai sig t 0 04. Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar melalui sikap siswa yang diperoleh pengaruh total sebesar 0 102. Terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara motivasi belajar dan sikap siswa yang terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai sig t 0 01 yang lebih kecil dari taraf sig 0 05. Terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar yang terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai sig t 0 023 lebih kecil dari taraf sig 0 05. Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan antara minat belajar terhadap sikap siswa melalui motivasi belajar yang diperoleh nilai pengaruh total sebesar 0 444. Terdapat pengaruh tidak langsung antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar melalui sikap siswa yang diperoleh nilai pengaruh total sebesar 0 22 dan terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar dan sikap siswa yang diperoleh nilai pengaruh total sebesar 0 145.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34106

Actions (login required)

View Item View Item