Penerapan pembelajaran kooperatif model think-pair-share (TPS) dalam pembelajaran mata diklat akutansi siswa kelas 1 AK 1 di SMK Negeri 2 Kediri / Petria Wulansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model think-pair-share (TPS) dalam pembelajaran mata diklat akutansi siswa kelas 1 AK 1 di SMK Negeri 2 Kediri / Petria Wulansari

Petria Wulansari (2008) Penerapan pembelajaran kooperatif model think-pair-share (TPS) dalam pembelajaran mata diklat akutansi siswa kelas 1 AK 1 di SMK Negeri 2 Kediri / Petria Wulansari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru mata diklat Akuntansi khususnya kelas 1 Ak 1 di SMK Negeri 2 Kediri metode belajar mengajar yang selama ini digunakan adalah dengan metode ceramah. Diketahui bahwa kemampuan siswa kurang optimal yaitu dengan skor rata-rata siswa adalah 69 dan kurangnya motivasi untuk belajar. Oleh karena itu peneliti mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dengan tujuan apakah aktivitas motivasi belajar dan hasil belajar siswa dapat meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran TPS. PTK termasuk dalam penelitian kualitatif adapun tahapan-tahapan yang terdapat dalam PTK tersebut meliputi tahap perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan diakhiri dengan tahap refleksi untuk menilai kemajuan dan ketuntasan belajar siswa. Data-data yang dipergunakan untuk menilai proses selama PTK berlangsung bersumber dari nilai siswa data observasi aktvitas guru dan siswa data hasil wawancara angket motivasi catatan lapangan serta rubrik penilaian. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari 76 7% pada siklus 1 meningkat menjadi 86 7% pada siklus 2. Selain itu motivasi belajar siswa juga selama mengikuti proses belajar tergolong Baik hal ini diukur dari pemberian angket motivasi belajar untuk skor rata-rata motivasi intrinsik siswa sebesar 3 38 untuk skor rata-rata motivasi ekstrinsik sebesar 3 21 dengan rata-rata motivasi intrinsik dan ekstrinsik sebesar 3 30. Sedangkan hasil belajar dari ranah kognitif siswa dari 79 4 pada siklus 1 meningkat menjadi 85 9 pada siklus 2. Pada ranah afektif terjadi peningkatan skor dari 75 1 pada siklus 1 menjadi 84 4 untuk siklus 2. Sedangkan ranah psikomotorik juga terjadi peningkatan skor dari 84 5 pada siklus 1 menjadi 88 6 pada siklus 2. Pada akhir kegiatan penelitian yang dilakukan akhirnya dapat disimpulkan bahwa pengembangan model TPS dalam proses kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan aktivitas motivasi dan hasil belajar siswa. Kategori tingkat keberhasilan peneliti juga meningkat seiiring dengan diterapkannya model TPS ini pada proses belajar materi bukti transaksi dan buku jurnal. Beberapa saran yang bisa diberikan oleh peneliti sehubungan dengan penelitian yang telah dilaksanakan adalah sebagai berikut. Bagi sekolah hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam upaya memperbaiki penerapan strategi pembelajaran di SMK Negeri 2 Kediri karena pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) telah terbukti dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Bagi guru karena pembelajaran TPS telah terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan diharapkan guru hendaknya lebih memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran sehingga diharapkan agar peningkatan aktivitas siswa dapat meningkatkan hasil belajar. Bagi siswa hendaknya lebih meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran karena aktivitas siswa sangat penting dalam pembelajaran Akuntansi dengan jalan diskusi bagi peneliti berikutnya sangat diharapkan dalam usahanya untuk mengembangkan model TPS ini dalam KBM dan dengan menggunakan bahan ajar yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34105

Actions (login required)

View Item View Item