Leni Oktavia Qomari (2009) Penerapan pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan scaffolding pada mata pelajaran akuntansi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bangil / Leni Oktavia Qomari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran akuntansi yang selama ini digunakan oleh guru akuntansi di SMA Negeri 1 Bangil adalah pembelajaran dengan model ceramah penugasan tanya jawab dan diskusi. Selain itu diketahui juga bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih berorientasi pada target kurikulum sehingga apa yang dipelajari siswa kurang bermakna. Siswa hanya belajar menghafal konsep-konsep materi dan tidak memahami atau menghayati konsep tersebut. Hal ini mengakibatkan siswa kurang mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimilikinya. Jika dibiarkan terus-menerus maka akan mematikan motivasi siswa sehingga pada akhirnya prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran akuntansi akan kurang optimal. Agar siswa memiliki kemampuan dalam memahami konsep materi sikap positif juga ketrampilan maka pendekatan scaffolding perlu digunakan. Melalui pendekatan scaffolding siswa akan diberikan sejumlah besar bantuan selama tahap-tahap awal pembelajaran dan kemudian bantuan tersebut dikurangi dan siswa diberikan kesempatan untuk mengambil alih tanggung jawab yang semakin besar segera setelah siswa tersebut dapat melakukannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian disusun dalam 3 siklus dimana tiap siklus meliputi (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data memaparkan data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan scaffolding pada mata pelajaran akuntansi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMAN 1 Bangil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan scaffolding pada mata pelajaran Akuntansi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Bangil. Peningkatan prestasi untuk ranah kognitif sebesar 7 44 % pada Siklus II dan 13 72 % pada Siklus III untuk ranah afektif peningkatan prestasi siswa sebesar 3 44 % pada Siklus II dan 5 31 % pada Siklus III sedangkan untuk ranah psikomotorik sebesar 32 74% pada Siklus II dan 6 43 % pada Siklus III. Adapun saran dalam penelitian ini agar SMA Negeri 1 Bangil menerapkan pendekatan scaffolding sebagai alternatif pendekatan pembelajaran dan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan materi pelajaran serupa atau pada bidang studi yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34102 |
Actions (login required)
View Item |