Pengaruh tingkat prestise dan persepsi siswa pada citra sekolah terhadap motivasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Ardjuna 1 Malang / Rima Dhamayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tingkat prestise dan persepsi siswa pada citra sekolah terhadap motivasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Ardjuna 1 Malang / Rima Dhamayanti

Rima Dhamayanti (2009) Pengaruh tingkat prestise dan persepsi siswa pada citra sekolah terhadap motivasi belajar siswa Jurusan Akuntansi di SMK Ardjuna 1 Malang / Rima Dhamayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestise merupakan rasa bangga terhadap apa yang dimiliki. Prestise dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu orang tua diri sendiri serta lingkungan masyarakat. Selain prestise faktor eksternal yang juga mempengaruhi motivasi belajar siswa adalah persepsi siswa terhadap citra sekolahnya. Persepsi merupakan suatu proses dimana individu-individu mengorganisasikan dan menafsirkan kesan-kesan indera mereka agar memberikan makna sehingga persepsi adalah kesan atau pandangan seseorang tentang objek tertentu. Interprestasi seseorang tentang kesan sensorinya mengenai lingkungannya akan sangat berpengaruh pada perilakunya yang pada gilirannya menentukan faktor-faktor apa yang dipandangnya sebagai faktor motivasional yang kuat. Motivasi belajar siswa merupakan keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan menjamin kelangsungan dan memberikan arah kegiatan belajar sehingga diharapkan tujuan dapat tercapai. Semakin baik persepsi siswa pada citra sekolahnya maka motivasi belajar yang dimiliki siswa akan semakin meningkat. Penelitian yang dilakukan pada siswa kelas 3 AK A SMK Ardjuna 1 Malang tahun ajaran 2007/2008 bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tingkat Prestise dan Persepsi Siswa pada Citra Sekolah terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Akuntansi di SMK Ardjuna 1 Malang . Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa jurusan akuntansi SMK Ardjuna 1 Malang yang berjumlah 130 siswa dengan sampel sebesar 40 responden. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat prestise siswa dengan motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil analisis secara parsial dengan uji t 0 604 yang lebih besar daripada taraf sig 0 05. Selain itu juga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif signifikan antara persepsi siswa pada citra sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Hal itu terbukti dengan hasil uji t sebesar 0 014 yang lebih kecil daripada t sig 0 05. Namun secara simultan tingkat prestise dan persepsi siswa pada citra sekolah terhadap motivasi belajar siswa memiliki pengaruh yang signifikan hal ini dikarenakan uji F menghasilkan 0 001 dimana 0 001

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34100

Actions (login required)

View Item View Item