Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Gondang III Bojonegoro pada mata pelajaran matematika kelas V semester 2 / Nur Fadlilatus Shiyam - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Gondang III Bojonegoro pada mata pelajaran matematika kelas V semester 2 / Nur Fadlilatus Shiyam

Shiyam, Nur Fadlilatus (2012) Penerapan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Gondang III Bojonegoro pada mata pelajaran matematika kelas V semester 2 / Nur Fadlilatus Shiyam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran kooperatif model Jigsaw aktivitas belajar siswa hasil belajar siswa. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SDN Gondang III Bojonegoro diketahui bahwa dalam pembelajaran Matematika aktivitas dan hasil belajar siswa rendah guru hanya menggunakan metode ceramah tanya jawab dan pemberian tugas. Dari hasil data kegiatan pembelajaran pra tindakan diketahui bahwa siswa yang serius dan perhatian dalam mengikuti pembelajaran Matematika sebesar 58% dan 67%. Hasil pembelajaran diketahui bahwa 6 (40%) siswa yang tuntas dan 9 (60%) siswa tidak tuntas. Tujuan penelitian ini Mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model Jigsaw dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas V SDN Gondang III Bojonegoro. Penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Alokasi waktu selama 2 jam pelajaran setiap pertemuan setiap jam pelajaran berdurasi 35 menit. Tindakan yang dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran Jigsaw. langkah-langkah pembelajarannya adalah (1) siswa membentuk kelompok secara hetrogen (2) 2-4 orang siswa berdiskusi dalam kelompok ahli (3) setelah berdiskusi di kelompok ahli siswa kembali dan berdiskusi dalam kelompok asal (4) siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok. Penerapan model pembelajaran Jigsaw mengalami perubahan pada Siklus II mengenai komponen tugas dan posisi kelompok ahli yaitu dengan sistem bergantian (rolling) pada setiap anggota kelompok ahli yang memberikan penjelasan pada kelompok asal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes tiap siklus lembar observasi dan catatan lapangan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Jigsaw melalui Penelitian Tindakan Kelas dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Gondang III Bojonegoro pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan pecahan. Hal tersebut didukung oleh hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas belajar siswa dari pembelajaran pada siklus I sebesar 72% dan meningkat menjadi 88% pada Siklus II.(2) Hasil belajar siswa terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari rata-rata pada pra tindakan sebesar 45 pada siklus I sebesar 60 6 dan menigkat menjadi 74 pada Siklus II. Adapun saran yang disampaikan peneliti yaitu penerapan model pembelajaran Jigsaw supaya terus diupayakan sehingga mampu mendeteksi kesalahan yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/341

Actions (login required)

View Item View Item