Pengaruh gaya belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi SMK Bisnis Manajemen Ardjuna 2 Malang / Yudho Dwi Laksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi SMK Bisnis Manajemen Ardjuna 2 Malang / Yudho Dwi Laksono

Yudho Dwi Laksono (2009) Pengaruh gaya belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi SMK Bisnis Manajemen Ardjuna 2 Malang / Yudho Dwi Laksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasi belajar sampai saat ini menjadi indikator untuk menilai tingkat keberhasilan siswa dalam proses belajar. Prestasi belajar yang baik dapat mencerminkan gaya belajar yang baik karena dengan mengetahui dan memahami gaya belajar yang terbaik bagi dirinya akan membantu siswa dalam belajar sehingga prestasi yang dihasilkan akan maksimal. Di samping gaya belajar bimbingan belajar oleh orang tua juga mempunyai peranan terhadap prestasi belajar siswa. Bimbingan belajar oleh orang tua maksudnya adalah pengarahan ajar latih dan pengasuhan yang diberikan oleh orang tua agar anak dapat mengadakan penyesuaian dengan dirinya dan lingkunganya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas 2 Akuntansi SMK BM Ardjuna 2 Malang baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi. Metode pengumpulan data adalah metode kuesioner (angket) dan metode dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 Akuntansi dengan jumlah 31 siswa Dari hasil analisis statistik deskriptif diperoleh (a) gaya belajar yang paling dominan digunakan adalah gaya belajar auditorial dan kinestetik frekuensi 13 siswa (41 9%) dengan kriteria baik (b) bimbingan belajar oleh orang tua dari 31 siswa adalah 12 siswa (38 7%) baik (c) prestasi belajar siswa yang paling dominan adalah sedang dengan frekuensi 14 siswa (45 2%). Dari hasil analisis statistik inferensial diperoleh (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas 2 Akuntansi SMK BM Ardjuna 2 Malang (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas 2 Akuntansi SMK BM Ardjuna 2 Malang (3) secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas 2 Akuntansi SMK BM Ardjuna 2 Malang. Nilai koefisien determinasi yang sudah disesuaikan (Adjusted R Square) sebesar 0 227 yang berarti variabel terikat prestasi belajar dijelaskan oleh variabel bebas gaya belajar dan bimbingan belajar oleh orang tua sebesar 22 7%. Sedangkan sisanya 77 3% dijelaskan oleh variabel di luar variabel yang digunakan dalam penelitian. Disarankan agar siswa khususnya siswa kelas 2 Akuntansi SMK BM Ardjuna 2 Malang agar lebih mengetahui dan memahami gaya belajar yang terbaik bagi dirinya sehingga prestasi yang dihasilkan dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34098

Actions (login required)

View Item View Item