Sulistyowati (2009) Pengaruh gaya mengajar dosen dan motivasi belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi pada rumpun dosen akuntansi Fakultas Ekonomi UM pada semester gasal 2007/2008) / Sulistyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Perguruan tinggi sebagai pendidikan formal dalam pelaksanaannya faktor dosen juga memegang peranan penting. Sehingga dosen mempunyai peran dan tanggung jawab untuk mengotoritas mengevaluasi dengan obyektif dan juga membimbing mahasiswa. Setiap dosen mempunyai ciri khas dan karakteristik yang berbeda beda dalam hal mengajar. Adanya gaya mengajar dari dosen merupakan salah satu bentuk dari kondisi belajar di perguruan tinggi. Akan tetapi dosen tetap diharapkan dapat menumbuhkan motivasi belajar peserta didiknya dengan ciri khas dan karakteristik yang berbeda beda tersebut. Peranan dosen memotivasi mahasiswa dapat pula pula menentukan keberhasilan dalam mencapai prestasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari gaya mengajar dosen dan motivasi belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) terutama jurusan Akuntansi. Penelitian ini dilakukan di FE UM dan subyek penelitiannya adalah rumpun dosen akuntansi yaitu semua dosen jurusan akuntansi dan dosen jurusan lain yang sedang mengajar mata kuliah akuntansi pada semester gasal 2007/2008. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanasi (explanantory research) dan instrumen yang digunakan berupa kuisioner dan dokumentansi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Pearson Product Moment untuk uji validitas Alpha Cronbanch untuk uji reliabilitas dan regresi ganda untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel variabel dalam penelitian ini. Dari hasil analisis data diketahui bahwa gaya mengajar dosen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai t sebesar 2 501 dengan signifikansi 0 019. Selanjutnya motivasi belajar mahasiswa juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Terbukti dengan diperolehnya nilai t sebesar 2 919 dengan signifikansi 0 007. Kemudian diketahui secara simultan bahwa gaya mengajar dosen dan motivasi belajar mahasiswa memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai F sebesar 12 842 dengan signifikansi 0 000 sehingga tingkat signifikasi tersebut lebih kecil dari 0 05 yang menjadi kriteria penerimaan hipotesis. Adapun saran yang diajukan oleh peneliti berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh adalah Untuk kegiatan penelitian lebih lanjut hendaknya peneliti selanjutnya menambahkan variabel variabel bebas selain yang terdapat dalam penelitian ini misalnya motivasi berprestasi tingkat kecemasan mahasiswa yang juga digabungkan dengan gaya mengajar dan motivasi belajar mengingat kontribusi efektif dari hasil penelitian ini hanya sebesar 48 8% variabel bebas dalam penelitian ini dapat mempengaruhi prestasi belajar sehingga terdapat 51 2% variabel lain yang masih perlu diteliti lagi dalam pengaruhnya terhadap prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34097 |
Actions (login required)
View Item |