Titin Umborowati (2009) Hubungan kompetensi guru akuntansi dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri se Kabupaten Lumajang / Titin Umborowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Guru sebagai pelaksana utama kegiatan pendidikan dan pengajaran sekolah sudah seharusnya menempatkan siswa sebagai pusat perhatian utama pola KBM dikelas tidak hanya ditentukan oleh metode yang digunakan melainkan juga oleh guru bagaimana peranan guru memperkaya pengalaman belajar siswa.Guru yang kompeten dibidangnya adalah salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Karena itu kompetensi guru mempunyai peranan penting dalam proses interaksi belajar mengajar. Ini berarti kompetensi guru ikut menentukan berkualitas atau tidaknya prestasi belajar siswa disamping faktor-faktor lainnya seperti keluarga fasilitas intelegensi dan minat siswa itu sendiri sebagai individu. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan kompetensi guru akuntansi SMAN di Kabupaten Lumajang. (2) Untuk mendiskripsikan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMAN Kabupaten Lumajang.(3) Untuk mengetahui hubungan kompetensi guru akuntansi dengan prestasi belajar siswa SMAN Kabupaten Lumajang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksplanasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 6 guru semua dijadikan responden sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi. Alat yang digunakan adalah angket dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data product moment karena melukiskan hubungan antara dua gejala interval yaitu kompetensi guru akuntansi dan belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) kompetensi guru akuntansi di Kabupaten Lumajang sebanyak 2 guru dalam klasifikasi baik 2 guru dalam klasifikasi cukup dan 2 guru dalam klasifikasi kurang.(2) Prestasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Akuntansi jurusan IPS tergolong dalam klasifikasi 33 3% baik 33 3% dalam klasifikasi cukup dan 33 3% dalam klasifikasi kurang. (3) Penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru akuntansi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di Kabupaten Lumajang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada (1) guru agar guru lebih menyadari kompetensi mereka selaku guru untuk itu selanjutnya berdasarkan kekurangan-kekurangan yang mereka rasakan sendiri guru harus lebih meningkatkan kompetensinya. dan (2) siswa hendaknya melaksanakan tugas yang diberikan guru dengan baik memanfaatkan media yang diberikan oleh guru dengan baik agar meningkatkan prestasi belajarnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34095 |
Actions (login required)
View Item |