Kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan Lembaga Pendidikan Islam di MAN 1 Sumenep / Ridwan Ainur Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan Lembaga Pendidikan Islam di MAN 1 Sumenep / Ridwan Ainur Rahman

Rahman, Ridwan Ainur (2011) Kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan Lembaga Pendidikan Islam di MAN 1 Sumenep / Ridwan Ainur Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kepemimpinan kepala madrasah pengembangan lembaga pendidikan islam Kepemimpinan kepala madrasah mempunyai peran dan pengaruh yang cukup besar di dalam kehidupan madrasah walaupun kepala madrasah bukan merupakan seorang yang memiliki kekuasaan yang mutlak dalam lingkungan madrasah. Kepemimpinan kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam yang secara langsung mengembangkan lembaga pendidikan Islam yang tidak terlepas dari karakteristik kepemimpinan tipe pemimpin fungsi pemimpin dan kegiatan- kegiatan pemimpin. Peran seorang pimpinan madrasah dalam melakukan serangkaian inovasi dan improvisasi program atau kegiatan madrasah sangatlah perlu dalam rangka meningkatkan perkembangan dan kemajuan madrasah. Kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam tidak sekedar dilandasi kemampuan mengatur dan menjalankan mekanisme kepemimpinan saja tetapi juga harus mampu memimpin dan mengembangkan organisasi tersebut. Berdasarkan uraian konteks penelitian yang telah dikemukakan di atas maka fokus penelitian ini adalah (1) karakteristik kepemimpinan Kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam (2) deskripsi tipe kepemimpinan yang diterapkan Kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam (3) fungsi-fungsi kepemimpinan yang diterapkan Kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam (4) kegiatan-kegiatan Kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Sumenep dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara observasi dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut diorganisasi ditafsirkan dan dianalisa secara berulangulang guna penyusunan konsep dan abstraksi temuan lapangan. Kredibilitasi sumber dengan menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data. Temuan penelitian ini yaitu karakteristik kepemimpinan Kepala madrasah dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam yakni memiliki karakteristik kepemimpinan yang karismatik dan terbuka. Tipe kepemimpinan demokratis yang dimilikinya semakin membuat MAN 1 Sumenep terus berkembang dan maju karena semua pegawai baik atasan dan bawahan yang terdapat di lembaga ikut terlibat langsung dan memiliki tanggung jawab bersama untuk melayani masyarakat. Pada fungsi kepemimpinan Kepala MAN mempunyai fungsi instruksi fungsi konsultasi fungsi partisipasi fungsi delegasi dan fungsi pengendalian. Pemimpin juga berusaha membantu terciptanya suasana persaudaraan kerjasama dengan penuh rasa kebebasan. Di samping itu juga

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3409

Actions (login required)

View Item View Item