Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran diklat akuntansi (studi kasus SMK "Ardjuna" 01 Malang) / Indra Nurhayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran diklat akuntansi (studi kasus SMK "Ardjuna" 01 Malang) / Indra Nurhayati

Indra Nurhayati (2007) Penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran diklat akuntansi (studi kasus SMK "Ardjuna" 01 Malang) / Indra Nurhayati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurhayati Indra. 2007. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Akuntansi (Studi Kasus SMK Ardjuna 01 Malang). Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universiras Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed (II) Sriyani Mentari S.pd. M.M. Kata kunci pembelajaran kooperatif model group investigation motivasi hasil belajar. Dalam pembelajaran kooperatif model Group Investigation interaksi sosial menjadi salah satu faktor penting bagi perkembangan skema mental yang baru. Dimana dalam pembelajaran ini memberi kebebasan kepada pembelajar untuk berfikir secara analitis kritis kreatif reflektif dan produktif. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan mengambil tema yang berkaitan dengan model pembelajaran dengan maksud untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat akuntansi dimana mata diklat akuntansi ini merupakan mata diklat yang membutuhkan keterampilan yang saling berkaitan dengan keterampilan yang lain serta harus didukung dengan keterampilan menghitung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model Group Investigation untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat akuntansi. Ada 4 hal yang dideskripsikan dalam penelitian ini yaitu 1) aktivitas guru dan siswa 2) persepsi siswa 3) persepsi guru dan 4) motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini mengunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK Ardjuna 01 Malang. Adapun subyek yang diteliti pada penelitian ini adalah siswa kelas 1 program keahlian penjualan yang berjumlah 33 orang (28 putri dan 5 putra) penelitian ini lakukan pada 7 Mei hingga 23 Mei 2007. Analisis data yang digunakan dengan model alir (flow model) yang meliputi tahap mereduksi data menyajikan data menarik kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunujukkan 1) selama pelaksanaan pembelajaran kooperatif model GI aktivitas guru lebih banyak sebagai konselor pengkritik dan yang memberikan pemaknaan belajar sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran ini sebagai penemu komunikator evaluator sinteser 2) persepsi siswa terhadap penerapan metode pembelajaran GI menunjukkan persepsi postif yang ditunjukkan siswa merasakan adanya rasa senang dan santai dalam mengikuti pelajaran 3) persepsi guru terhadap penerapan metode pembelajaran GI menunjukkan persepsi positif karena GI mampu mewakili karakter kelas sehingga dalam pembelajaran siswa menujukkan sikap belajar yang positif 4) motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran GI menujukkan hasil yang positif terlihat dari peningkatan signifikan dari siklus I ke siklus II baik dari segi aktivitas dan hasil pembelajaran. Pada kenyataanya keempat hasil penelitian ini tidak dapat digeneralisasi terkait sampel yang digunakan sangat terbatas. Oleh karena itu pelaksanaan penelitian dengan tema yang sama dan subyek penelitian yang berbeda sangat memungkinkan dilakukan sebagai upaya mendukung inovasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34089

Actions (login required)

View Item View Item