Pengaruh sikap belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi antara siswa yang berdomisili di pondok pesantren dengan siswa yang berdomisili di luar pondok pesantren terhadap prestasi belajar (pada kelas XI di SMAN al-Ma'arif Singosari Malang) / Lailatus Saida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sikap belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi antara siswa yang berdomisili di pondok pesantren dengan siswa yang berdomisili di luar pondok pesantren terhadap prestasi belajar (pada kelas XI di SMAN al-Ma'arif Singosari Malang) / Lailatus Saida

Lailatus Saidah (2009) Pengaruh sikap belajar mata pelajaran ekonomi akuntansi antara siswa yang berdomisili di pondok pesantren dengan siswa yang berdomisili di luar pondok pesantren terhadap prestasi belajar (pada kelas XI di SMAN al-Ma'arif Singosari Malang) / Lailatus Saida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Siswa yang berdomisili di pondok pesantren dengan siswa yang berdomisili di luar pondok pesantren sangat berbeda. Siswa yang berdomisili di pondok pesantren cenderung menguasai dasar-dasar keagamaan sedangkan siswa yang berdomisili di luar pondok pesantren cenderung menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan umum. Keadaan tersebut menimbulkan suatu pertanyaan berkaitan dengan penerimaan (sikap) terhadap mata pelajaran Ekonomi-Akuntansi yang mempengaruhi Prestasi Belajarnya. Sehubungan dengan itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap belajar mata pelajaran Ekonomi-Akuntansi antara siswa yang berdomisili di pondok pesantren dengan siswa yang berdomisili di luar pondok pesantren terhadap prestasi belajar pada kelas XI di SMAI Al-Ma arif 01 Singosari Malang dengan jalan menganalisis data tentang sikap terhadap pelajaran Ekonomi-Akuntansi dan Prestasi belajar Ekonomi-Akuntansi. Penelitian ini hanya dilakukan pada siswa kelas XI SMAI Al-Ma arif Singosari Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan kausal komparatif. Subyek penelitian ini adalah kelas XI SMAI Al-Ma arif Singosari Malang. Untuk mengetahui perbedaan sikap belajar mata pelajaran Ekonomi-Akuntansi antara siswa yang berdomisili di pondok pesantren dengan siswa yang berdomisili di luar pondok pesantren dan mencari pengaruh terhadap prestasi belajar menggunakan Anova atau Uji-F. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat perbedaan prestasi belajar Ekonomi-Akuntansi baik siswa yang berdomisili di pondok pesantren maupun siswa yang berdomisili di luar pondok pesantren hal ini di tunjukkan dengan nilai 13 342 3970. Terdapat pengaruh sikap siswa yang berdomisili di dalam pondok pesantren pada pelajaran Ekonomi-Akuntansi terhadap prestasi belajar dengan alasan Sig. 0 038 0 05 dan 4 435 3 120. dengan tingkat sig sebesar 0 998 untuk siswa yang berdomisili di pondok pesantren sedangkan untuk siswa yang berdomisili di luar pondok pesantren dengan tingkat sig 0 050 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sikap siswa yang berdomisili di dalam pondok pesantren maupun siswa yang berdomisili di luar pondok pesantren pada pelajaran Ekonomi-Akuntansi terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34088

Actions (login required)

View Item View Item