Dwi Nur Hidayani (2010) Pengaruh emotional quotient (EQ), spiritual quotient (SQ), dan tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Ardjuna 1 Malang / Dwi Nur Hidayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Peningkatan mutu pendidikan dan kualitas dari siswa siswi lulusan SMK yang mempunyai kemampuan dalam memecahkan masalah serta tangguh dan siap bekerja ketika terjun di masyarakat tentulah harapan kita bersama. Paradigma di masyarakat yang menyatakan bahwa Intelligence Quotient (IQ) adalah segalanya mulai bergeser pada Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ). Serta yang tak akan pernah lepas adalah dukungan keluarga dalam hal ini orang tua yang memegang peranan terbesar dalam pendidikan anak merupakan faktor penentu dalam pengembangan prestasinya di sekolah. Oleh karena itu tingkat pendidikan orang tua juga akan mempengaruhi pola pikirnya ketika mendidik anak untuk bersekolah dan meraih prestasi di sekolah maupun masyarakat. Penelitian ini ingin mengetahui apakah emotional quotient spiritual quotient dan tingkat pendidikan orang tua mampu mempengaruhi prestasi siswa pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini mempunyai tiga variabel bebas (X) yaitu emotional quotient (X1) spiritual quotient (X2) dan tingkat pendidikan orang tua (X3) sedangkan variabel terikatnya (Y) adalah prestasi siswa pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian explanatory (penjelasan) dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh antar variabel secara parsial dan pengaruh paling dominan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMK Ardjuna 1 Malang yang menempuh mata pelajaran akuntansi yaitu 172 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik stratified proportional random sampling hal ini disebabkan karena pengambilan sampel dilakukan pada 2 tingkatan yakni kelas 1 (satu) dan 2 (dua) Dari tiap tingkatan dan kelas akan diambil sampel secara acak karena banyaknya populasi. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini yakni 50 siswa kelas 1 (satu) sebanyak 20 siswa dan kelas 2 (dua) sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan antara emotional quotient (EQ) dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di SMK Ardjuna I Malang. Dari ini dapat disimpulkan bahwa emotional quotient (EQ) dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan nilai b1 0 368 nilai t 3 256 (p 0 002). (2) spiritual quotient dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan nilai b2 0 508 nilai t 3 732 (p 0 001). Tingkat pendidikan orang tua dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan nilai b3 2 393 nilai t 2 472 (p 0 017). Dari ketiga variabel bebas yaitu emotional quotient spiritual quotient dan tingkat pendidikan orang tua secara keseluruhan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi dengan nilai b1 0 368 b2 0 508 b3 2 393 nilai F 15 551 (p 0 000). Dengan melihat hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa emotional quotient spiritual quotient dan tingkat pendidikan orang tua secara parsial mempengaruhi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. Dan dengan hasil sumbangan efektif sebesar 22 1676 % lebih tinggi dari pada nilai SE variabel lainnya spiritual quotient mempunyai pengaruh paling dominan dalam prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi. 47 1 % perubahan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi disebabkan oleh perubahan emotional quotient spiritual quotient dan tingkat pendidikan orang tua sedangkan sisanya 52 9 % disebabkan oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34087 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |