Pengaruh pembelajaran pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK Muhammadiyah 03 Singosari / Rina Sugiarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK Muhammadiyah 03 Singosari / Rina Sugiarti

Rina Sugiarti (2009) Pengaruh pembelajaran pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap prestasi belajar siswa Program Keahlian Akuntansi di SMK Muhammadiyah 03 Singosari / Rina Sugiarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasi belajar akuntansi siswa kelas 1 di SMK Muhammadiyah 03 Singosari tergolong kurang dapat mencapai target secara maksimal. Metode pembelajaran yang digunakan cenderung menggunakan metode ceramah. Metode konvensional mengakibatkan kurang berkembangnya pengetahuan yang di dapat siswa. Hal ini tampak pada hasil belajar akuntansi yang kurang bisa memenuhi standar kompetensi yang diharapkan. Dalam kurikulum terbaru saat ini metode pembelajaran yang berkualitas bagi siswa adalah CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan implementasi dan persepsi siswa tentang pembelajaran pendekatan CTL serta pengaruh pendekatan CTL dengan dalam pembelajaran akuntansi terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (quasi experimental) dengan desain penelitian pre-tes and post-tes control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah pembelajaran siklus akuntansi perusahaan dagang dengan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) persepsi siswa terhadap pembelajaran akuntansi pendekatan CTL dan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Muhammadiyah 03 Singosari tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 290 siswa. Sampel penelitian ini adalah 56 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu 1Ak1 berjumlah 29 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 1Ak2 berjumlah 27 siswa sebagai kelompok kontrol. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan dengan menggunakan teknik sampling purposive. Untuk memperoleh data tentang prestasi siswa dan persepsi siswa terhadap pembelajaran CTL digunakan tes observasi angket dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah soal tes rubrik penilaian dan angket. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan statistik inferensial dengan rumus t-tes untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan.dan analisis deskriptif untuk hasil observasi dan angket.. Hasil analisis statistik deskriptif pada kondisi awal kemampuan siswa kelas kontrol menunjukkan skor rata-rata 60 93 dan kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata sebesar 66 21. Berdasarkan hasil uji-t terhadap kedua skor rata-rata pos-test pada kedua kelas diperoleh thitung sebesar 2 805 dan dengan taraf signifikansi 5 % serta df sebesar 54 diperoleh ttabel sebesar 2 004. Dari hasil analisis thitung lebih besar dari ttabel maka H0 di tolak. Kedua skor rata-rata yang diperoleh kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berbeda secara signifikan atau rata-rata nilai post-test siswa kelas eksperimen sebesar 79 3103 lebih tinggi daripada rata-rata nilai post-test siswa kelas kontrol sebesar 70 5556. Hasil dari angket persepsi siswa menunjukkan bahwa dalam pembelajaran CTL cukup bermakna bagi siswa siswa aktif dalam pembelajaran kegiatan guru dalam memotivasi melibatkan dan menilai siswa cukup baik sarana yang digunakan tidak terbatas dalam kelas serta suasana belajar yang menyenangkan. Hasil dari rubrik penilaian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen lebih tinggi peningkatannya dari pada kelas kontrol. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini kiranya dapat digunakan oleh pihak-pihak yang berkecimpung di dunia pendidikan khususnya guru sebagai bahan pertimbangan untuk menerapkan metode pembelajaran yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34086

Actions (login required)

View Item View Item