Elly Romdliyana (2009) Pengaruh kompetensi guru akuntansi terhadap implementasi kurikulum berbasis kompetensi (KBK) di SMK (SMEA) se-kota Malang / Elly Romdliyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu bentuk reformasi dalam sistem pendidikan nasional adalah perubahan kurikulum yang dengan sendirinya menuntut adanya berbagai perubahan komponen pendidikan lainnya. Berkaitan dengan perubahan kurikulum berbagai pihak melihat perlunya diterapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang diharapkan akan dapat membekali peserta didik dengan berbagai kompetensi yang sesuai dengan tuntutan zaman. Implementasi kurikulum ini membutuhkan adanya tenaga pendidik yang berkompeten karena guru merupakan kunci pelaksanaan kurikulum di sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara kompetensi guru Akuntansi (X) yang mencakup kompetensi pedagogik (X1) kompetensi kepribadian (X2) kompetensi profesional (X3) dan kompetensi sosial (X4) terhadap implementasi KBK (Y) di SMK (SMEA) se-Kota Malang. Penelitian ini dilakukan pada 31 orang guru Akuntansi yang tersebar di 9 SMK (SMEA) di Kota Malang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner tertutup yang disebarkan pada Waka. Kurikulum/Kajur. Akuntansi dan siswa-siswi SMK jurusan Akuntansi dimana variabel-variabelnya diukur dengan skala Likert. Teknik pengolahan data menggunakan teknik analisis regresi yang dilakukan dengan bantuan software statistik SPSS 11.5 dan MINITAB 13. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa kondisi kompetensi guru Akuntansi SMK (SMEA) se-Kota Malang adalah sangat kompeten. Hal ini ditunjukkan bahwa 83 87% atau sekitar 26 responden yang menyatakan bahwa guru Akuntansi sangat kompeten. Selain itu implementasi KBK di SMK (SMEA) se-Kota Malang adalah sangat baik. Hal ini ditunjukkan bahwa 77 42% atau sekitar 24 responden yang menyatakan bahwa guru Akuntansi telah mengimplementasikan KBK di sekolah dengan sangat baik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan dari kompetensi guru Akuntansi secara simultan terhadap implementasi KBK di SMK (SMEA) se-Kota Malang dimana P-value (0 000) (0 05) dan Fhitung (8 05) Ftabel (0 05.4.26) (2 74). Sedangkan hasil pengujian secara parsial disimpulkan bahwa hanya kompetensi kepribadian yang memiliki pengaruh positif signifikan terhadap implementasi KBK. Pada output analisis regresi terdapat nilai R-Sq 55 3%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa sumbangan efektif kompetensi guru Akuntansi secara simultan terhadap perubahan implementasi KBK sebesar 55 3% sisanya 44 7% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian ini beberapa hal yang disarankan adalah 1) guru hendaknya berupaya untuk selalu meningkatkan kompetensinya sebagai guru Akuntansi khususnya kompetensi kepribadiannya sehingga KBK akan dapat diimplementasikan dengan lebih baik 2) pihak sekolah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan sebaiknya berupaya untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat meng-upgrade kompetensi guru dan 3) penelitian selanjutnya dapat memperluas variabel penelitian dengan meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi implementasi KBK selain kompetensi guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34084 |
Actions (login required)
View Item |