Peningkatan hasil belajar siswa dalam mata diklat akuntansi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) di SMK PGRI 6 Malang / Siti Zulaikha - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa dalam mata diklat akuntansi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) di SMK PGRI 6 Malang / Siti Zulaikha

Siti Zulaikha (2009) Peningkatan hasil belajar siswa dalam mata diklat akuntansi dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) di SMK PGRI 6 Malang / Siti Zulaikha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam pendekatan ini guru menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks siswa untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan memecahkan masalah. Selama ini pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah di mana guru sebagai information center sehingga siswa menjadi kurang aktif dan hanya sebagai penerima informasi. Pendekatan ini dapat memberikan siswa pengetahuan tentang bagaimana cara berfikir dan memecahkan masalah secara mandiri serta terbiasa aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu (1) tahap orientasi siswa pada masalah (2) tahap mengorganisasi siswa untuk belajar (3) tahap membimbing penyelidikan individual dan kelompok (4) tahap mengembangkan hasil karya. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas 1 AK2 di SMK PGRI 6 Malang dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu pedoman wawancara lembar observasi catatan lapangan dan tes akhir pada tiap akhir siklus. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar ini dapat diketahui dengan meningkatnya skor hasil belajar klasikal yaitu pada siklus I mencapai 73 07 % sedangkan pada siklus II yaitu 92 31 %. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan metode pembelajaran yang bisa meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa selama proses belajar mengajar berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34082

Actions (login required)

View Item View Item