Pengembangan perangkat pembelajaran akuntansi SMK berbasis kontekstual dengan strategi react dan metode pembelajaran LCC-5E pada materi pokok laporan keuangan perusahaan dagang / Ika Lydia Astutie - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran akuntansi SMK berbasis kontekstual dengan strategi react dan metode pembelajaran LCC-5E pada materi pokok laporan keuangan perusahaan dagang / Ika Lydia Astutie

Ika Lydia Astutie (2009) Pengembangan perangkat pembelajaran akuntansi SMK berbasis kontekstual dengan strategi react dan metode pembelajaran LCC-5E pada materi pokok laporan keuangan perusahaan dagang / Ika Lydia Astutie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dapat berjalan dengan baik dibutuhkan suatu perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang digunakan dapat berupa silabus sistem penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Buku Ajar dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berbasis kontekstual dengan strategi REACT dan metode pembelajaran LCC-5E dengan materi pokok laporan keuangan perusahaan dagang. Pada penelitian ini pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan prosedur penelitian model Dick Carey. Langkah-langkah yang dilakukan adalah mengidentifikasi tujuan pembelajaran umum melakukan analisis materi pokok mengidentifikasi kemampuan dan karakteristik awal siswa penulisan tujuan pembelajaran menyusun tes acuan kriteria memilih strategi pembelajaran menyusun perangkat pembelajaran melaksanakan evaluasi formatif atau validasi melakukan revisi terhadap perangkat pembelajaran dan memproduksi perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari dua bagian yaitu bagian I adalah Teacher s Guide dan bagian II adalah Buku Siswa. Desain validasi yang dilakukan adalah validasi isi rancangan produk dan validasi empirik atau uji coba produk. Validasi isi rancangan produk dilakukan melalui validator ahli yang terdiri dari 2 orang dosen akuntansi Universitas Negeri Malang dan 2 orang guru akuntansi di SMK Negeri 2 Kediri. Sedangkan validasi empirik dilakukan di SMK Ahmad Yani Gurah-Kediri dengan validator 1 orang guru akuntansi dan 47 siswa kelas 1 jurusan akuntansi. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis deskriptif dengan menghitung persentase. Dari hasil penilaian pada validasi isi produk adalah valid dengan persentase rata-rata total 93 98% yang berarti bahwa perangkat pembelajaran telah layak digunakan dalam pembelajaran akuntansi di kelas. Dari hasil penilaian validator pada validasi empirik berupa tanggapan dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran hasil pengembangan efektif digunakan dalam pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar uji coba produk tidak hanya dilakukan pada satu sekolah saja untuk mengetahui tingkat keefektifan lebih lanjut karena tingkat kepahaman tingkat kepahaman tiap siswa berbeda-beda dan diperlukan pengembangan perangkat pembelajaran pada materi pokok yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34079

Actions (login required)

View Item View Item