Pengaruh motivasi memilih jurusan dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Nuri Zuhratin J. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh motivasi memilih jurusan dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Nuri Zuhratin J.

Nuri Zuhratin J. (2009) Pengaruh motivasi memilih jurusan dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Nuri Zuhratin J. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor dari dalam dan luar individu. Salah satu faktor dari dalam yang mempengaruhi prestasi belajar adalah motivasi dan kebiasaan belajar. Motivasi merupakan salah satu prinsip yang harus ada guna membangkitkan semangat seseorang dalam mencapai sesuatu yang diinginkannya. Oleh karena itu dalam pemilihan jurusan pun harus ada motivasinya karena motivasi memilih jurusan merupakan salah satu faktor yang dapat menentukan keberhasilan mahasiswa dalam menguasai matakuliah yang ditempuhnya. Tanpa adanya motivasi dari dalam diri mahasiswa untuk mempelajari jurusan yang akan ditempuhnya maka ia akan sulit untuk mempelajari matakuliah yang ditempuhnya di jurusan yang dipilihnya. Setelah seseorang memilih jurusan berdasarkan motivasinya sendiri maka ia akan terdorong melakukan kegiatan belajar yang dilakukan berulang kali untuk mencapai prestasi belajar yang tinggi. Kegiatan belajar yang dilakukan berulang kali tersebut dinamakan kebiasaan belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanasi (eksplanatory research) dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) untuk mengetahui pengaruh motivasi memilih jurusan (X1) terhadap prestasi belajar (Y) motivasi memilih jurusan (X1) terhadap kebiasaan belajar (X2) kebiasaan belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) dan untuk mengetahui pengaruh tidak langsung motivasi memilih jurusan (X1) terhadap prestasi belajar (Y) melalui kebiasaan belajar (X2). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa jurusan pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang yang diwaili sampel sebesar 10% yaitu 47 mahasiswa. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis jalur ini menunjukkan bahwa motivasi memilih jurusan mempengaruhi prestasi belajar sebesar 22% dengan thitung 3 563 signifikansi 0 001 dan tingkat probabilitas 95%. Motivasi memilih jurusan mempengaruhi kebiasaan belajar sebesar 28 6% dengan thitung 4 242 signifikansi 0 000 dan tingkat probabilitas 95%. Kebiasaan belajar mempengaruhi prestasi belajar 32% dengan thitung 4 600 signifikansi 0 000 dan tingkat probabilitas 95%. Hal ini menggambarkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi memilih jurusan dengan prestasi belajar terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi memilih jurusan dengan kebiasaan belajar terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar dan terdapat hubungan yang signifikan secara tidak langsung antara motivasi memilih jurusan terhadap prestasi belajar melalui kebiasaan belajar. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara langsung dari motivasi memilih jurusan (X1) terhadap prestasi belajar (Y) motivasi memilih jurusan (X1) terhadap kebiasaan belajar (X2) kebiasaan belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) maupun pengaruh secara tidak langsung dari motivasi memilih jurusan (X1) terhadap prestasi belajar (Y) melalui kebiasaan belajar (X2). Oleh karena itu disarankan agar mahasiswa lebih meningkatkan motivasinya dalam mempelajari jurusan yang dipilihnya dan meningkatkan kualitas kebiasaan belajar melalui bahan yang dipelajari dan pengelolaan belajarnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34076

Actions (login required)

View Item View Item