Effektivitas penerapan metode pembelajaran siklus lima fase (learning cycle-5E) pada mata pelajaran akuntansi di SMK Shalahudin Malang / Sita Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Effektivitas penerapan metode pembelajaran siklus lima fase (learning cycle-5E) pada mata pelajaran akuntansi di SMK Shalahudin Malang / Sita Puspitasari

Sita Puspitasari (2009) Effektivitas penerapan metode pembelajaran siklus lima fase (learning cycle-5E) pada mata pelajaran akuntansi di SMK Shalahudin Malang / Sita Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metode pembelajaran siklus lima fase (learning cycle-5E) merupakan salah satu model pembelajaran yang mengacu pada teori konstruktivisme. Pembelajaran dengan metode siklus lima fase (learning cycle-5E) dapat mengembangkan atau memperkaya konsep-konsep yang telah dimiliki siswa sebagai bekal awal kognisinya. Belajar dengan metode pembelajaran siklus lima fase (learning cycle-5E) dapat membuat siswa aktif dan memungkinkan siswa belajar mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran siklus lima fase (learning cycle-5E) pada mata pelajaran akuntansi di SMK Shalahudin Malang. Efektivitas penerapan metode pembelajaran siklus lima fase (learning cycle-5E) diukur melaui aspek kognitif afektif dan psikomotor. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimental desin. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil pengambilan sampel didapat kelas 1Ak.A sebagai kelas eksperimen dan kelas 1Ak.C sebagai kelas kontrol dimana kedua kelas tersebut sebelumnya mendapatkan pengajaran metode konvensional (ceramah dan tanya jawab). Analisis data meliputi analisis deskriptif menggunakan indikator persentase untuk menilai sikap (afektif) dan keterampilan (psikomotor) siswa serta analisis hipotesis menggunakan independent-sample t test untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan metode pembelajaran siklus (learning cycle) dibandingkan metode pembelajaran konvensional pada mata pelajaran akuntansi. Analisis data beda rata-rata terhadap kenaikan rata-rata nilai (gain score) menunjukkan taraf nilai signifikansi 0 005 0 05 dan thitung (2 925) ttabel (1 671) hal ini sesuai dengan pernyataan jika signifikansi 0 05 dan thitung ttabel maka H0 ditolak. Hasil penilaian sikap (afektif) menunjukkan hasil rata-rata nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh persentase berdasarkan aspek afektif yang dinilai untuk kerjasama dalam kelompok sebesar 96% dan 64 29% keaktifan dalam kelompok sebesar 82 67% dan 46 43% keberanian bertanya dan menjawab sebesar 56% dan 47 62%. Hasil penilaian ketrampilan (psikomotor) menunjukkan hasil rata-rata nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh persentase berdasarkan aspek yang dinilai untuk kemampuan menyiapkan pengelolaan buku jurnal sebesar 74 4% dan 75 71% melakukan pencatatan transaksi dalam jurnal sebesar 53 6% dan 34 29% dan teliti melakukan pencatatan transaksi dalam jurnal sebesar 66 4% dan 64 29%. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan untuk menggunakan metode pembelajaran siklus lima fase (learning cycle-5E) sebagai salah satu alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34075

Actions (login required)

View Item View Item