Abu Sofyan Basya (2007) Studi komparatif penggunaan metode cooperative learning model jigsaw dan metode tradisional model ceramah dalam pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Kraksaan Probolinggo / Abu Sofyan Basya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sofyan Basya Abu.2007. Studi Komparatif Penggunaan Metode Cooperative Learning Model Jigsaw dan Metode Tradisional Model Ceramah Dalam Pembelajaran Akuntansi Di SMA Negeri 1 Kraksaan Probolinggo. Skripsi.Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Sri Pujiningsih M.Si. Ak. (II) Sawitri Dwi Prastiti M.Si S.E. Ak Kata Kunci Jigsaw Prestasi Belajar. Metode pembelajaran yang diterapkan di SMA Negeri 1 Kraksaan Probolinggo menggunakan metode konvensional. Metode pembelajaran ini siswa hanya berperan sebagai penerima informasi secara pasif karena hanya mendengarkan dan mencatat informasi dari guru saja. Metode pembelajaran yang berkualitas bagi siswa adalah metode yang melibatkan siswa untuk ikut serta aktif dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw. Metode ini didasarkan atas kerja kelompok yang dilakukan untuk memecahkan soal atau memahami suatu konsep dan memberi kesempatan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris perbedaan prestasi belajar antara siswa yang diajar dengan metode tradisional model ceramah dan metode cooperative learning model Jigsaw pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan eksplanasi. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI IPS tahun ajaran 2006/2007. Teknik yang dipakai dalam pemilihan sampel adalah teknik purposive sampling. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas XI IPS sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI1 IPS sebagai kelompok eksperimen yang diajar dengan menggunakan metode kooperatif model jigsaw serta kelas XI2 IPS sebagai kelompok kontrol yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji t (t-test) dan uji U Mann Whitney. Berdasarkan hasil uji t test pada penelitian ini diketahui kemampuan awal antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak berbeda secara signifikan. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansinya sebesar (0 831) 0 05. Setelah kedua kelas diajar dengan metode yang berbeda terdapat perbedaan prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0 000 0 05. Sedangkan pengujian hipotesis terhadap gain score menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0 05 yaitu sebesar 0 000. Hal ini berarti ada perbedaan prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode tradisional model ceramah dan metode cooperative learning model jigsaw pada mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Kraksaan Probolinggo. Berdasarkan hasil analisis disarankan (1). metode pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat digunakan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar akuntansi. (2). hendaknya metode pembelajaran kooperatif model jigsaw ini dapat disosialisasikan dalam pelatihan atau penataran kependidikan karena dapat meningkatkan pemahaman siswa baik pada materi yang berbasis matematis maupun berbasis pemahaman. (3). bagi peneliti lain yang ingin mengembangkan penelitian yang berhubungan dengan metode pembelajaran ini diharapkan untuk membahas lebih mendalam dan dalam lingkup yang lebih luas atau meneliti pada ma
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Oct 2007 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2007 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34074 |
Actions (login required)
View Item |