Sulimah Irawati (2009) Pengaruh persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru terhadap motivasi belajar akuntansi siswa akuntansi di SMK BM Ardjuna 01 Malang tahun ajaran 2006/2007 / Sulimah Irawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kualitas pengajaran sangat menentukan keberhasilan siswa dan salah satunya tergantung bagaimana cara guru menyajikan materi yang harus diajarkan (metode mengajar). Setiap metode mengajar yang dipilih dan digunakan oleh guru membawa pengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap pencapaian hasil yang diharapkan. Penggunaan metode mengajar yang bervariasi merupakan stimulus yang menghendaki tanggapan dari siswa dan bergantung bagaimana siswa akan menyikapinya. Persepsi yang merupakan suatu proses kognitif terhadap stimulus yang diterima oleh panca indera berfungsi untuk memberikan motivasi terhadap konsekuensi perilaku. Adanya variasi metode mengajar bertujuan agar siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti proses belajar mengajar di kelas sehingga nantinya diharapkan siswa dapat termotivasi untuk mengikuti pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru terhadap motivasi belajar akuntansi siswa Akuntansi di SMK BM Ardjuna 01 Malang tahun ajaran 2006/2007. Adapun variabel bebas (X) yang digunakan adalah persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru sedangkan variabel terikat (Y) adalah motivasi belajar akuntansi siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksplanasi. Populasi penelitian adalah siswa jurusan Akuntansi di SMK BM Ardjuna 01 Malang yang berjumlah 163 siswa. Metode yang dipakai dalam penelitian sampel adalah teknik purposive sampling. Sampel penelitian mengambil siswa kelas II Akuntansi baik dari II-A/Ak maupun II-B/Ak. Penelitian mengambil sampel sebanyak 50 siswa atau sekitar 30% dari populasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan regresi linier sederhana serta diolah dengan bantuan komputer program SPSS for Windows Versi 10 00. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai uji t untuk persepsi siswa adalah 4 751 dengan signifikansi 0 000 0 05 sehingga Ho ditolak Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa mengenai variasi metode mengajar guru terhadap motivasi belajar akuntansi siswa Akuntansi di SMK BM Ardjuna 01 Malang Tahun Ajaran 2006/2007. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah 1) Peneliti lain yang berminat terhadap masalah yang sama hendaknya hasil penelitian ini dikembangkan mengingat keterbatasan yang ada 2) Guru hendaknya lebih meningkatkan kemampuannya dalam menggunakan metode yang bervariasi agar siswa lebih termotivasi untuk belajar dan 3) Kepala sekolah hendaknya memperhatikan memberikan pengarahan dan bantuan bagi guru yang mempunyai masalah dalam mengajar agar keterampilan mengajarnya tetap baik khususnya dalam penggunaan metode mengajar misalnya dengan pelatihan ataupun seminar guru.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34072 |
Actions (login required)
View Item |