Pengaruh pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN Tulungagung 2 tahun ajaran 2006/2007 / Yety Frebrianasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN Tulungagung 2 tahun ajaran 2006/2007 / Yety Frebrianasari

Yety Frebrianasari (2010) Pengaruh pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN Tulungagung 2 tahun ajaran 2006/2007 / Yety Frebrianasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metode pembelajaran akuntansi yang diterapkan di MAN Tulungagung 2 adalah pembelajaran konvensional yang didominasi oleh ceramah dan penugasan dimana guru lebih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran sedangkan siswa lebih berperan sebagai pendengar dan pencatat. Akibatnya siswa menjadi pasif dan kurang telibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang memungkinkan siswa dapat mengkonstruk pengetahuan dan melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan pembelajaran adalah pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN Tulungagung 2 tahun ajaran 2006/2007. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan menetapkan kelas XI IPS 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes yang berbentuk multiple choice. Hasil dari analisis validitas dengan rtabel 0 361 diperoleh 45 soal instrumen dikatakan valid dan 5 soal instrumen dikatakan tidak valid. Data juga reliabel karena rhitung rtabel yaitu 0 737 0 361 dan 0 792 0 361 dengan taraf signifikansi 0 050. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dengan bantuan komputer SPSS. Dari hasil uji-t diketahui kemampuan awal siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah sama yaitu 69 05 untuk kelompok eksperimen dan 70 40 untuk kelompok kontrol. Nilai thitung -1 054 ttabel 1 989 dan nilai probabilitas (Sig.) 0 295 0 050. Setelah perlakuan diberikan terlihat bahwa nilai rata-rata kemampuan akhir kelompok eksperimen 84 55 lebih tinggi dari pada kelompok kontrol 76 58. Nilai thitung 6 111 rtabel 1 989 dan nilai probabilitas (Sig.) 0 000 0 050. Nilai rata-rata gain score kelompok eksperimen 15 73 lebih tinggi dari pada kelompok kontrol 6 24. Nilai thitung 14 489 ttabel 1 989 dan nilai probabilitas (Sig.) 0 000 0 050 yang berarti ada perbedaan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS MAN Tulungagung 2 tahun ajaran 2006/2007. Saran yang diajukan adalah (1) bagi guru bidang studi akuntansi diharapkan dapat menerapkan pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) sebagi alternatif pilihan pembelajaran di kelas (2) bagi lembaga pendidikan dan institusi terkait hendaknya dapat mensosialisasikan pembelajaran ini dalam pelatihan dan penataran pendidikan (3) bagi peneliti lain diharapkan dapat menggunakan populasi sampel penelitian dan pokok bahasan yang lebih luas agar mendapatkan data yang lebih baik serta untuk mengetahui apakah diperoleh hasil yang sama atau berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34071

Actions (login required)

View Item View Item