Manajemen OSIS dalam meningkatkan soft skill dan hard skill siswa di SMAN 8 Malang / Zondag Setya Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Manajemen OSIS dalam meningkatkan soft skill dan hard skill siswa di SMAN 8 Malang / Zondag Setya Nugraha

Nugraha, Zondag Setya (2011) Manajemen OSIS dalam meningkatkan soft skill dan hard skill siswa di SMAN 8 Malang / Zondag Setya Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci manajemen organisasi siswa intra sekolah (osis) soft skill dan hard skill siswa SMAN 8 Malang merupakan lembaga pendidikan umum tingkat menengah atas yang mempunyai predikat sekolah penuh prestasi di Malang. Berdasarkan uraian ini maka peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang manajemen organisasi siswa intra sekolah khususnya dalam meningkatkan soft skill dan hard skill siswa SMAN 8 Malang. Ada enam fokus dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah perencanaan OSIS dalam meningkatkan soft skill dan hard skill siswa di SMAN 8 Malang (2) bagaimanakah pengorganisasian OSIS dalam meningkatkan soft skill dan hard skill siswa di SMAN 8 Malang (3) bagaimanakah pengarahan OSIS dalam meningkatkan soft skill dan hard skill siswa di SMAN 8 Malang (4) bagaimanakah pengawasan OSIS dalam meningkatkan soft skill dan hard skill siswa di SMAN 8 Malang (5) bagaimanakah evaluasi OSIS dalam meningkatkan soft skill dan hard skill siswa di SMAN 8 Malang (6) apa sajakah faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manajemen OSIS dalam meningkatkan soft skill dan hard skill siswa di SMAN 8 Malang. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Malang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi (1) observasi (2) wawancara mendalam (3) dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga metode tersebut diorganisir ditafsirkan dan dianalisis secara berulang-ulang guna penyusunan konsep dan abstraksi dan temuan lapangan. Keabsahan data dicek dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Temuan penelitian ini yaitu pertama perencanaan OSIS SMAN 8 Malang secara matang telah dipersiapkan dan disusun sejak awal ajaran baru. Penyusunan di bedakan menjadi dua tahap yaitu (1) perekrutan OSIS dengan melihat dari segi kepemimpinan akademik percaya diri pemecahan masalah program kerja dan mental. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah Pembina OSIS Waka urusan Kesiswaan dan guru (2) penyusunan program kerja OSIS yang melibatkan Kepala Sekolah Pembina OSIS Waka urusan Kesiswaan Pengurus Harian dan koordinator setiap bidang kedua pengorganisasian OSIS SMAN 8 Malang ini meliputi (1) adanya pembagian wewenang dan tugas secara hierarki yang sesuai dengan struktur kepengurusan OSIS (2) pembagian pelaksanaan kegiatan OSIS selama ini dilakukan oleh setiap unit bagian yang sudah ditetapkan sesuai dengan tugas dan keahlian masing-masing ketiga pengarahan OSIS SMAN 8 Malang mencakup (1) pengarahan secara rutin oleh Pembina OSIS (2) pengarahan bertujuan untuk memberi motivasi dan membimbing pengurus OSIS supaya lebih mandiri keempat pengawasan OSIS iv SMAN 8 Malang ini dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Pembina OSIS kelima evaluasi OSIS SMAN 8 Malang ini dalam bentuk pelaporan bulanan dan tahunan. Guna untuk mengetahui keberhasilan tingkat pencapaian target dan untuk memperbaiki program-program selanjutnya keenam faktor pendukung dan penghambat OSIS dalam meningkatkan soft skill dan hard skill siswa SMAN 8 Malang yaitu (1) faktor pendukung meliputi (a) dukungan dari pihak Kepala Sekolah Bapak/Ibu guru SMAN 8 Malang siswa/siswi SMAN 8 Malang dan orangtua/wali murid (b) jumlah Pembina OSIS sesuai dengan bidang yang ada pada OSIS (c) jumlah pengurus OSIS yang cukup banyak (d) potensi (pengalaman) yang dimiliki pengurus OSIS sangat bagus yang diiringi dengan semangat dan kekompakan pengurus OSIS (e) sarana dan prasarana yang mewadahi (2) faktor penghambat pelaksanaan manajemen OSIS dalam meningkatkan soft skill dan hard skill siswa meliputi dari segi finansial perijinan untuk mengikuti kegiatan OSIS dan kurangnya prasarana untuk kegiatan ekstrakurikuler siswa yang berupa lapangan. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini maka disarankan kepada (1) Kepala Sekolah hendaknya secara bertahap sekolah dapat mengadakan lapangan baru yang nantinya digunakan untuk kegiatan-kegiatan OSIS tanpa mengganggu kegiatan ekstrakurikuler yang lainnya. Selain itu untuk menambah anggaran dana OSIS dengan menambahkan anggaran dana yang dihimpun dari awal siswa masuk dan registrasi di SMAN 8 Malang (2) Pembina OSIS hendaknya selalu menjaga memelihara dan meningkatkan kegiatan manajemen OSIS SMAN 8 Malang yang sudah berjalan cukup baik dan disarankan agar meningkatkan hubungan kerja sama yang baik dengan pembina OSIS sekolah lain sehingga saling bertukar pikiran dan pengalaman dalam menangani masalah manajemen OSIS (3) Dosen Jurusan Administrasi Pendidikan hendaknya jurusan mengadakan sosialisasi pentingnya upaya peningkatan kerja sama dengan SMA se-kota Malang dalam bentuk pelatihan seminar maupun symposium yang berhubungan dengan manajemen organisasi sekolah khususnya OSIS (4) Ketua Umum OSIS SMAN 8 Malang disarankan agar bisa menjalin komunikasi yang lebih intim dengan ekstrakurikuler yang ada di sekolah agar tercipta keharmonisan siswa dengan saling mendukung kegiatan-kegiatan yang dilselenggarakannya (5) Anggota OSIS SMAN 8 Malang dengan adanya beragam kegiatan manajemen OSIS ini dapat membantu dan memotivasi siswa dalam rangka peningkatan soft skill dan hard skill baik di sekolah ataupun di luar sekolah (6) orangtua/wali murid disarankan agar dapat mengidentifikasi dan mengembangkan kemampuan berupa soft skill dan hard skill yang dimiliki putra/putrinya yang bersekolah di SMAN 8 Malang (7) peneliti lain disarankan bagi peneliti lain untuk meneliti manajemen organisasi sekolah yang lebih fokus disetiap substansinya. Agar hasilnya bisa lebih maksimal untuk terus dikembangankan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3407

Actions (login required)

View Item View Item