Pengaruh persepsi siswa tentang efektivitas program pendidikan sistem ganda (PSG) terhadap kesiapan jerha dan prestasi PSG pada Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Malang / Mardiana Haribowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh persepsi siswa tentang efektivitas program pendidikan sistem ganda (PSG) terhadap kesiapan jerha dan prestasi PSG pada Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Malang / Mardiana Haribowati

Mardiana Haribowati (2009) Pengaruh persepsi siswa tentang efektivitas program pendidikan sistem ganda (PSG) terhadap kesiapan jerha dan prestasi PSG pada Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Malang / Mardiana Haribowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerapan Pendidikan Sistem Ganda di SMK merupakan upaya untuk meningkatkan mutu lulusan sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan oleh dunia usaha/industri. Pelaksanaan PSG ini akan berjalan lebih maksimal apabila disertai dengan persepsi yang baik terhadap PSG itu sendiri. Persepsi merupakan proses individu memberikan makna terhadap sesuatu yang terjadi di lingkungannya. Dengan adanya persepsi yang baik diharapkan prestasi siswa dalam PSG akan baik pula melalui kesiapan kerja yang tinggi. Kesiapan kerja diartikan sebagai keadaan siswa yang merasa siap untuk bekerja. Dalam hal ini SMK memiliki peranan yang penting dalam mewujudkan tujuan PSG yaitu membekali siswa dengan keahlian profesional agar siap terjun ke dunia kerja. Meskipun demikian fenomena yang terjadi menunjukkan bahwa kualitas SMK kurang dihargai masyarakat dan pelaksanaan PSG dianggap belum sepenuhnya sesuai dengan yang ada dalam teori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi siswa terhadap efektivitas program PSG kesiapan untuk bekerja dan prestasi PSG siswa pada program keahlian akuntansi SMKN I Malang (2) pengaruh secara langsung antara persepsi siswa terhadap efektivitas program PSG dengan kesiapan siswa untuk memasuki dunia kerja (3) pengaruh secara langsung antara kesiapan siswa untuk memasuki dunia kerja dengan prestasi PSG (4) pengaruh secara tidak langsung antara persepsi siswa terhadap efektivitas program PSG dengan kesiapan siswa untuk memasuki dunia kerja dan prestasi PSG (5) kesesuaian pelaksanaan program PSG pada program keahlian akuntansi dengan tujuan utama dari SMK dan (6) hambatan-hambatan yang dialami pihak sekolah maupun peserta didik dalam pelaksanaan PSG untuk mempersiapkan lulusan siap kerja. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang dilakukan pada 80 siswa SMKN 1 Malang program keahlian akuntansi yang telah mengikuti PSG. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) 81 3% siswa SMKN 1 Malang program keahlian akuntansi memiliki persepsi yang tinggi terhadap efektivitas program PSG 75% siswa memiliki kesiapan bekerja yang tinggi serta 83 75% siswa prestasi PSGnya tinggi (2) persepsi terhadap efektivitas program PSG dapat mempengaruhi kesiapan siswa untuk bekerja pada program keahlian akuntansi SMKN 1 Malang sebesar 47 7% (3) kesiapan siswa untuk bekerja berpengaruh terhadap prestasi PSG sebesar 32 1% (4) persepsi siswa terhadap efektivitas program PSG berpengaruh pada prestasi PSG melalui kesiapan siswa untuk bekerja sebesar 0 39 (5) pelaksanaan program PSG di SMKN 1 Malang secara umum telah sesuai dengan tujuan umum SMK yang dapat dilihat dari mekanisme pengorganisasian isi program pendidikan dan pelatihan PSG isi program pendidikan dan pelatihan PSG model pelaksanaan PSG dan penilaian hasil belajar monitoring dan evaluasi (6) hambatan yang dialami pihak sekolah dalam pelaksanaan PSG yaitu sekolah merasa kesulitan memahami kemauan siswa karena bila lokasi tidak sesuai dengan kemauan siswa maka mereka tidak sungguh-sungguh dalam melaksanakan PSG serta ada masalah dalam hal menjalin kerja sama dengan dunia industri. Sedangkan hambatan yang dialami siswa antara lain mencakup masalah transportasi komunikasi penerapan keterampilan dan masalah adaptasi dengan lingkungan kerja. Dari kesimpulan di atas maka saran yang dapat diberikan adalah (1) diperlukan adanya kerja sama yang lebih baik antara sekolah dengan dunia industri. Sekolah juga diharapkan lebih meningkatkan keterampilan kecakapan dan moral siswa serta menempatkan mereka di lokasi PSG yang sesuai dengan program keahlian masing-masing sehingga lulusan dapat menembus dan memenuhi kebutuhan DU/DI (2) bagi guru dan instruktur di DU/DI hendaknya lebih meningkatkan frekuensi dan kualitas dalam membimbing mengarahkan membina dan memotivasi siswa dalam PSG dan (3) siswa peserta PSG sebaiknya selalu memperhatikan petunjuk-petunjuk dari guru pembimbing di sekolah instruktur di DU/DI teman atau orang yang ahli di bidangnya agar tidak menghadapi banyak kesulitan pada saat PSG. Dengan demikian SMK bersama dengan dunia industri dapat mencapai tujuan bersama yang berkaitan dengan peningkatan kualitas lulusan SMK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34069

Actions (login required)

View Item View Item