Hety Farandika (2009) Pengembangan desain pembelajaran kooperatif model STAD untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar akuntansi keuangan kelas 1 AK-1 semester II SMK Negeri 1 Mojoagung - Jombang tahun pelajaran 2006/2007 / Hety Farandika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemilihan metode pembelajaran sangat menentukan kualitas pengajaran dalam proses belajaran mengajar untuk mencapai kualitas pengajaran yang tinggi setiap mata pelajaran khususnya Akuntansi harus diorganisasikan dengan metode - metode yang tepat pula. Berdasarkan hasil observasi dan hasil wawancara diketahui bahwa metode pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 1 Mojoagung Jombang adalah pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Dengan metode ceramah seperti ini dapat menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam kelas dan kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk menemukan dan membangun pengetahuannya sendiri sehingga mengakibatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa sangat rendah. Salah satu metode pembelajaran yang digunakan untuk mengaktifkan siswa adalah metode pembelajaran kooperatif. Dengan pembelajaran kooperatif siswa dapat bekerja sama antar anggota dalam kelompok saling menyumbangkan pikiran dan adanya sikap tanggung jawab terhadap pencapaian hasil belajar secara individu maupun kelompok. Pembelajaran kooperatif yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif model STAD Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aktivitas kooperatif siswa selama pembelajaran akuntansi model STAD dan pengaruh pengembangan pembelajaran kooperatif model STAD terhadap prestasi belajar Akuntansi . Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 AK-1. Data yang dijaring berupa data aktivitas dan prestasi belajar yang diperoleh melalui post test lembar observasi catatan lapangan dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Waktu pelaksanaan penelitian ini berlangsung pada bulan Mei sampai juni 2007. Hasil penelitian pada siklus I dari empat elemen kooperatif yang diamati yaitu saling ketergantungan positif interaksi tatap muka akuntabilitas individu dan keterampilan menjalin hubungan antar personal menunjukkan persentase paling rendah yaitu kelompok dua dan tiga dengan persentase 69 7% kelompok satu dan empat 74 2% kelompok enam 77 5% kelompok delapan 79 2% kelompok tujuh 81 7% kelompok sembilan 86 7% kelompok lima 95% dan kelompok sepuluh dengan persentase paling tinggi yaitu 100% sedangkan untuk siklus II semua kelompok mendapatkan kualitas aktivitas kooperatif baik dengan persentase kelompok paling rendah yaitu kelompok dua dan tiga 74 2% kelompok satu dan delapan 82 5% kelompok empat dan tujuh 86 7% kelompok lima enam sembilan 95% dan kelompok sepuluh dengan persentase 100%. Selain itu pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 16 31%% pada siklus 1 dan 7 26% pada siklus II. Kualitas belajarpun meningkat dari cukup dengan nilai persentase analisis (Pa) sebesar 72 76% menjadi baik dengan nilai persentase analisis (Pa) sebesar 81 02% Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada konsep mengelola administrasi kas bank kelas 1 AK-1. Oleh karena itu disarankan bagi guru bidang studi akuntansi untuk menggunakan metode pembelajaran kooperatif model STAD sebagai alternatif dalam membelajarkan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34068 |
Actions (login required)
View Item |