Pengaruh intelligence quotient (IQ) dan asal sekolah terhadap kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi di MAn Tulungagung I / Iva Amaliasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh intelligence quotient (IQ) dan asal sekolah terhadap kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi di MAn Tulungagung I / Iva Amaliasari

Iva Amaliasari (2009) Pengaruh intelligence quotient (IQ) dan asal sekolah terhadap kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi di MAn Tulungagung I / Iva Amaliasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kreativitas adalah salah satu kemampuan manusia untuk mengintegrasikan stimulus luar dengan memori yang telah dimiliki sebelumnya menjadi suatu bentuk baru. Kreativitas bukanlah hasil dadakan tetapi merupakan hasil bersama dari logika daya cipta fisik motivasi dan imajinasi yang terintegrasi menjadi ide baru kemudian ide tersebut dapat diimplementasikan dalam bentuk karya atau dalam bentuk dunia pendidikan (Shahib 2003). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi antara kecerdasan intelektual (IQ) dan asal sekolah terhadap kreativitas belajar akuntansi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IPS MAN Tulungagung I. Metode penelitian yang digunakan adalah kuesioner untuk kreativitas belajar dan dokumentasi untuk IQ siswa dan asal sekolah siswa. Analisis yang digunakan adalah Analisis Varians Faktorial Dua Jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Intelligence Quotient (IQ) dan asal sekolah baik secara parsial maupun secara interaksi berpengaruh terhadap kreativitas belajar akuntansi. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan kreativitas belajar akuntansi antara siswa yang berasal dari sekolah di wilayah ibukota dengan siswa yang berasal dari sekolah di luar wilayah ibukota baik yang ber IQ superior rata-rata atas rata-rata maupun rata-rata bawah. Perbedaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah pembawaan manusia sejak lahir pembentukan diri siswa minat lingkungan bergaul siswa baik di rumah maupun di sekolah serta perbedaan tingkat pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan maka disarankan agar seorang guru bisa merangsang munculnya atau pertumbuhan kreativitas belajar siswa dengan karakter intelegensi yang berbeda-beda. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan indikator dalam penelitian ini dengan disertai metode observasi dalam pengumpulan data.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34064

Actions (login required)

View Item View Item