Penerapan metode think-pair-share (TPS) dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi keuangan siswa kelas 1B-AK di SMK Salahuddin Malang / Nanik Choirul Zanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode think-pair-share (TPS) dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi keuangan siswa kelas 1B-AK di SMK Salahuddin Malang / Nanik Choirul Zanah

Nanik Choirul Zanah (2009) Penerapan metode think-pair-share (TPS) dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi keuangan siswa kelas 1B-AK di SMK Salahuddin Malang / Nanik Choirul Zanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Metode pembelajaran akuntansi biasanya hanya menggunakan metode tanya jawab dan ceramah. Dalam pembelajaran akuntansi siswa cenderung kurang aktif dan peran guru dalam proses pembelajaran masih sangat dominan sehingga proses pembelajaran kurang melibatkan aktivitas siswa secara langsung dan kurang menghasilkan persepsi minat dan sikap siswa yang baik. Adanya kurang minat dan sikap siswa tersebut berdampak terhadap prestasi balajar yang secara umum kurang memuaskan. Sehingga perlu dilakukan perbaikan metode pembelajaran. Dengan penerapan metode Think-Pair-Share di dalam pembelajaran kooperatif siswa akan lebih aktif berpikir dan bekerjasama dan pada akhirnya akan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran akuntansi. Diskusi dalam bentuk kelompok-kelompok kecil ini sangat efektif untuk memudahkan siswa dalam memahami materi dan mampu bekerja sama saling membutuhkan dan saling bergantung pada kelompok-kelompok kecil secara kooperatif. Think-Pair-Share merupakan metode pembelajaran yang dimulai dengan mengajukan suatu pertanyaan siswa diajak berfikir untuk menjawab pertanyan tersebut kemudian berpasangan untuk saling membantu satu sama lain dan diakhiri dengan berbagai jawaban ke seluruh kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode Think-Pair-Share dalam pembelajaran koperatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian praktis yang bertujuan untuk memperbaiki suatu keadaan pembelajaran di kelas dengan melakukan tindakan-tindakan agar terjadi pembaharuan menuju kearah perbaikan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dilaksanakan pada semester II Tahun ajaran 2006/2007. Waktu pelaksanaan penelitian yaitu pada bulan Maret sampai dengan bulan April 2007. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IB-AK SMK Shalahuddin Malang dengan jumlah siswa dalam kelas adalah 31 siswa terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Hasil analisis secara deskriptif menjelaskan bahwa data aktivitas belajar pada siklus I presentase keberhasilan tindakan siswa sebesar 71% dan pada siklus II persentase keberhasilan tindakan siswa sebesar 92%. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 21%. Sedangkan hasil belajar siswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 14 27 (18 31%) dari kemampuan awal siswa. Hasil belajar siswa siklus II mengalami peningkatan lagi sebesar 8 94 (13 80%) dari siklus I. Berdasarkan temuan ini maka kesimpulannya bahwa pembelajaran akuntansi melalui metode Think-Pair-Share dalam pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Diharapkan bagi guru akuntansi menerapkan metode Think-pair-Share dalam proses pembelajaran sebagai alternatif pembelajaran akuntansi pada materi-materi yang lain karena metode belajar tersebut terbukti efektif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Selain itu guru harus terampil dalam mengelola kelas dan memotivasi siswa memacu semangat dan keberanian siswa baik dalam kegiatan diskusi maupun pada tahap-tahap lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34061

Actions (login required)

View Item View Item