Penerapan pembelajaran kontekstual dengan model PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan merespon pertanyaan pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Shalahuddin Malang / Titis Puspitaningrum Dewi Kartika - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual dengan model PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan merespon pertanyaan pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Shalahuddin Malang / Titis Puspitaningrum Dewi Kartika

Titis Puspitaningrum Dewi Kartika (2009) Penerapan pembelajaran kontekstual dengan model PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan merespon pertanyaan pada mata pelajaran akuntansi keuangan di SMK Shalahuddin Malang / Titis Puspitaningrum Dewi Kartika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Proses pembelajaran pada mata diklat akuntansi di SMK Shalahuddin Malang ini masih didominasi oleh pembelajaran model ceramah yang dipandu dengan tes soal. Pembelajaran semacam ini menyebabkan siswa menjadi mengantuk bosen dan tidak memperhatikan materi yang diajarkan. Siswa cenderung pasif kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan masih kurang. Akibatnya mereka tidak memahami materi yang dipelajari dan siswa tidak mampu mengaplikasikan konsep yang didapat dalam pembelajaran kedalam kehidupan nyata. Untuk itu diperlukan suatu perubahan pada model pembelajaran yang bertujuan meningkatkan pemahaman terhadap konsep dan memberikan pengalaman kontekstual pada siswa. Selain itu perubahan metode pembelajaran juga dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kontekstual dengan model PBL untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan pada mata diklat akuntansi keuangan di SMK Shalahuddin Malang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2006/2007 di SMK Shalahuddin Malang dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model PBL dan penelitian ini dirancang dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada materi laporan laba/rugi sedangkan siklus II pada materi laporan perubahan modal dan neraca. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 1C AK di SMK Shalahuddin Malang yang terdiri dari 28 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan prosentase peningkatan skor hasil kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan serta hasil belajar tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran kontekstual model PBL dapat meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan serta hasil belajar. Prosentase nilai rata-rata untuk kemampuan bertanya meningkat 8 13% dari 67 72% menjadi 75 85% sedangkan prosentase nilai rata-rata untuk kemampuan menjawab pertanyaan meningkat 5 13% dari 77 49% menjadi 82 62%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa meningkat 3 27% dari 80 76% menjadi 83 03%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual model PBL dapat meningkatkan kemampuan bertanya dan menjawab pertanyaan. Saran untuk peneliti lanjutan untuk mencari faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34060

Actions (login required)

View Item View Item