Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru akuntansi SMK swasta di Kota Malang / Evan Yuliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru akuntansi SMK swasta di Kota Malang / Evan Yuliana

Evan Yuliana (2009) Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap kinerja guru akuntansi SMK swasta di Kota Malang / Evan Yuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mampu menghasilkan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas. Pendidikan hendaknya dikelola secara profesional oleh tenaga yang profesional juga. Guru mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran sehingga guru harus memiliki kompetensi profesional tinggi dan menghasilkan manusia yang memiliki SDM yang tinggi. Tujuan penelitian ini mencari pengaruh secara parsial dan simultan antara kompetensi perofesional guru (penguasaan bahan pengajaran pengelolaan program belajar mengajar pengelolaan kelas penguasaan media pengelolaan interaksi belajar mengajar dan penilaian prestasi siswa) terhadap kinerja guru akuntansi SMK Swasta di kota Malang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanasi dengan pendekatan survey. Populasi dari penelitian ini adalah guru akuntansi dan siswa program keahlian akuntansi SMK Swasta di Kota Malang semester genap 2006/2007. Populasi guru akuntansi sebanyak 30 orang semua populasi guru dijadikan sampel penelitian. Sedangkan jumlah populasi siswa program keahlian akuntansi sebanyak 1.406. Sampel diambil sebanyak 150 siswa atau 5 siswa untuk setiap guru akuntansi. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) besarnya sumbangan kompetensi penguasaan bahan pengajaran terhadap kinerja guru 42 6% (guru) dan 19 2 % (siswa) (2) besarnya sumbangan kompetensi pengelolaan program belajar mengajar terhadap kinerja guru 35 3% (guru) dan 24 4 % (siswa) (3) besarnya sumbangan kompetensi pengelolaan kelas terhadap kinerja guru 28 5% (guru) dan 22 5 % (siswa) (4) besarnya sumbangan kompetensi penguasaan media terhadap kinerja guru 14 9% (guru) dan 31 1 % (siswa) (5) besarnya sumbangan kompetensi pengelolaan interaksi belajar mengajar terhadap kinerja guru 29 7% (guru) dan 23 6 % (siswa) (6) besarnya sumbangan kompetensi penilaian prestasi siswa terhadap kinerja guru 24 7%(guru) dan 21 9 % (siswa) (7) dan terdapat pengaruh yang positif signifikan sebesar 83 6% (guru) dan 54 4% (siswa) antara kompetensi profesional guru (penguasaan bahan pengajaran pengelolaan program belajar mengajar pengelolaan kelas penguasaan media pengelolaan interaksi belajar mengajar dan penilaian prestasi siswa) terhadap kinerja guru dan sisanya sebesar 16 4% (guru) dan 45 6% (siswa) dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini kiranya dapat digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan mengajar dan kinerja guru terutama dengan menambah mempelajari dan memperkaya penguasaan bahan pengajaran. Selain itu perlu ditingkatkan penguasaan kompetensi profesional yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34059

Actions (login required)

View Item View Item