Hasil pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning/CTL) dengan model TGT (Teams Games Tournament) pada mata pelajaran akuntansi SMK PGRI 2 Malang / Asma Yulis Setiyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Hasil pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning/CTL) dengan model TGT (Teams Games Tournament) pada mata pelajaran akuntansi SMK PGRI 2 Malang / Asma Yulis Setiyawati

Asma Yulis Setiyawati (2009) Hasil pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning/CTL) dengan model TGT (Teams Games Tournament) pada mata pelajaran akuntansi SMK PGRI 2 Malang / Asma Yulis Setiyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) menuntut adanya perbaikan kualitas sistem pendidikan nasional. Peningkatan kualitas pembelajaran merupakan komponen dan tujuan utama yang sangat mempengaruhi keberhasilan sekolah sebagai lembaga pendidikan. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat berdampak positif terhadap hasil belajar akuntansi siswa. Penerapan asas masyarakat belajar (Learning Community) dalam CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat dilakukan dengan menerapkan pembelajaran melalui pembelajaran model TGT (Teams Games Tournament). Berdasarkan permasalahan tersebut dicobakan metode pembelajaran kontekstual dengan model TGT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah pembelajaran kontekstual model TGT (Teams Games Tournament) pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa pada siswa kelas 1 Ak1 SMK PGRI 2 Malang jurusan akuntansi. Penelitian ini dibatasi pada mata pelajaran siklus akuntansi perusahaan jasa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan membandingkan skor perkembangan siswa berdasarkan nilai kemampuan awal (Pre test) dan nilai kemampuan akhir (post test) siswa kelas eksperimen. Adapun sikap dan ketrampilan siswa diukur melalui observasi selama pembelajaran berlangsung. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 Ak1 SMK PGRI 2 Malang. Kelas 1 Ak1 dibagi menjadi 2 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 22 siswa dimana penetapan masing-masing kelompok berdasarkan presensi. Kelompok 1 dijadikan sebagai kelas uji coba tes (pilot test) dan kelompok 2 dipilih sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran kontekstual model TGT. Analisis data meliputi uji normalitas uji homogenitas dan uji t. Hasil analisis diperoleh thitung sebesar 7 488 sedangkan ttabel sebesar 2 080 dengan tingkat signifikansi (0 000) (0 05) maka Ho ditolak atau ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan model TGT. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan (post test) lebih baik daripada hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan (pre test) hal ini karena siswa telah belajar di rumah sebelum mengikuti pelajaran di sekolah dan siswa telah mempersiapkan materi sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan untuk melakukan penelitian pada subyek yang lebih banyak dan menggunakan 2 kelas sebagai pembanding yaitu kelas kontrol dan eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34058

Actions (login required)

View Item View Item