Penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan metode GI pada mata diklat siklus akuntansi kelas X Program Keahlian Akuntansi SMA Ardjuna 2 Malang / Meryawan Sukma Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan metode GI pada mata diklat siklus akuntansi kelas X Program Keahlian Akuntansi SMA Ardjuna 2 Malang / Meryawan Sukma Putra

Meryawan Sukma Putra (2009) Penerapan strategi pembelajaran kooperatif dengan metode GI pada mata diklat siklus akuntansi kelas X Program Keahlian Akuntansi SMA Ardjuna 2 Malang / Meryawan Sukma Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasil belajar dan motivasi siswa terhadap pelajaran akuntansi khususnya siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Ardjuna 2 Malang tergolong kurang maksimal. Hal ini tampak pada hasil belajar akuntansi yang kurang memenuhi syarat (kurang dari 75) yaitu sebesar 68 5. Atas dasar hal tersebut dipandang perlu diadakan inovasi terhadap metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang berkualitas bagi siswa adalah metode yang dapat memberikan kesempatan siswa untuk ikut aktif dalam pembelajaran dan diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi hasil belajar siswa. Salah satunya adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif metode GI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode GI ini dapat memberikan dampak positif terhadap motivasi dan hasil belajar jika diterapkan pada mata diklat akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun obyek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Ardjuna 2 Malang yang terdiri dari 33 siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif metode Group Investigation (GI). Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi dan tes prestasi yang diberikan di setiap akhir pembelajaran. Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa penelitian tindakan dengan menggunakan metode Group Investigation ini bisa dikatakan berhasil. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar klasikal 87% yang telah melebihi kriteria keberhasilan yang ditetapkan yakni sebesar 85%. Hal ini berarti pembelajaran kooperatif metode Group Investigation (GI) dapat diterapkan dalam pembelajaran akuntansi serta memberikan hasil yang positif bagi motivasi dan hasil belajar siswa pada mata diklat akuntansi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Ardjuna 2 Malang semester I tahun ajaran 2006/2007. Saran-saran diajukan dalam penelitian ini adalah (1) kepada kepala sekolah disarankan agar memberikan peluang kepada guru untuk mengembangkan kreativitas dan profesionalnya dalam pembelajaran yang selama ini dirasa masih kurang (2) kepada pihak pengajar disarankan untuk menjadikan metode ini sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran dalam kelas khususnya untuk mata diklat Akuntansi dan (3) kepada para peneliti yang berminat diharapkan dapat meninjau aspek lain/materi lain dalam bidang akuntansi dengan obyek penelitian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34057

Actions (login required)

View Item View Item