Rifik Efendi (2009) Pengembangan model pembelajaran think pair share (TPS) untuk meningkatkan hasil belajar mata diklat akuntansi perbankan studi pada siswa kelas 1 Program Keahlian Akuntansi SMK PGRI II Malang / Rifik Efendi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Efendi Rifik. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Diklat Akuntansi Perbankan Studi Pada Siswa Kelas 1 Program Keahlian Akuntansi SMK PGRI II Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Program Studi Pendidikan Akuntansi. FE. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Sri Pujiningsih S.E. M.Si. Ak (II) Drs. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd. M.Si. Ak Kata kunci model pembelajaran think pair share (TPS) hasil belajar Guru memiliki peranan yang besar dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah. Berangkat dari fakta yang diperoleh peneliti selama PPL di SMK PGRI II khususnya pada mata diklat Akuntansi Perbankan siswa kelas 1 masih disampaikan dengan metode ceramah. Dari sini peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran think pair share (TPS) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa akan meningkat dengan dikembangkannya model ini dalam proses pembelajaran khususnya pada mata diklat Akuntansi Perbankan kelas 1. Untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa akan meningkat setelah diterapkan model pembelajaran TPS maka peneliti mengadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang termasuk dalam penelitian kualitatif. Adapun tahapan-tahapan yang terdapat dalam PTK adalah tahap perencanaan tindakan tahap pelaksanaan tahap observasi dan diakhiri dengan tahap refleksi untuk menilai kemajuan dan ketuntasan belajar siswa. Data-data yang dipergunakan untuk menilai proses selama PTK berlangsung bersumber dari nilai siswa data observasi aktvitas guru dan siswa data hasil wawancara angket catatan lapangan serta rubrik penilaian. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh adanya peningkatan dari ranah kognitif siswa dari pre test materi deposito 45 59 menjadi 76 92 pada post test materi yang sama. Dari materi lanjutan yaitu akuntansi giro juga terjadi peningkatan skor pre test 73 10 menjadi 83 67. Sedangkan pada ranah afektif terjadi peningkatan skor dari 81 46 untuk materi deposito menjadi 81 76 untuk materi giro. Respon yang diberikan peserta didik juga sangat positif yang diperoleh dari wawancara dan angket respon yang diberikan kepada siswa. Pada akhir kegiatan penelitian yang dilakukan akhirnya dapat disimpulkan bahwa pengembangan model TPS dalam proses kegiatan belajar mengajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik dari aspek kognitif maupun afektif. Kategori tingkat keberhasilan peneliti juga meningkat seiiring dengan diterapkannya model TPS ini pada proses belajar materi akuntansi deposito dan giro. Tetapi masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi lagi yaitu alokasi waktu yang harus diperhatikan dalam setiap tahapan dalam model TPS ini motivasi dan arahan pada siswa harus diberikan secara intens untuk memacu semangat dan keberanian siswa kegiatan diskusi kelompok sebaiknya mendapat porsi yang lebih besar lagi dan bagi adanya tindak lanjut dari peneliti berikutnya sangat diharapkan dalam usahanya untuk mengembangkan model TPS ini dalam KBM.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34055 |
Actions (login required)
View Item |