Dian Anjarwati (2009) Pengaruh pelaksanaan pendidikan sistem ganda (PSG) dan prestasi PSG terhadap prestasi belajar siswa kelas III Program Keahlian Akuntansi di SMK PGRI 02 Malang tahun pelajaran 2006/2007 / Dian Anjarwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk mencetak/menciptakan sumber daya manusia yang memiliki keunggulan dan kompeten di bidang masing-masing. Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satunya adalah penerapan program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada lembaga pendidikan kejuruan. Penerapan program PSG dianggap sebagai salah satu jalan terbaik untuk meningkatkan kualitas pendidikan kejuruan sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia yang produktif dan berkompeten. Dalam pelaksanaan PSG ini siswa tidak hanya bekerja tetapi belajar melalui bekerja langsung (leraning by doing) dengan kata lain dimensi belajar lebih menjadi titik tekan. Dengan adanya dimensi belajar yang menjadi titik tekan maka secara ototmatis dengan adanya praktik PSG bukan hanya aspek keterampilan siswa saja yang berkembang tetapi juga aspek kognitif dan afektif siswa juga akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari pelaksanaan PSG dan prestasi PSG terhadap prestasi belajar siswa program keahlian akuntansi. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 2 subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas III program keahlian akuntansi yang berjumlah 86 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif (explanatory research) dengan rancangan expost facto instrumen yang digunakan berupa kuisioner dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan Pearson Product moment untuk uji validitas Alpha Cronbach untuk uji realibilitasnya dan regresi ganda untuk mengetahui pengaruh baik secara parsial maupun simultan dari variabel-variabel dalam penelitian ini.Dari hasil analisis data diketahui bahwa pelaksanaan PSG memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai t sebesar 7 200 dengan signifikansi 0 000. Demikian pula diketahui bahwa prestasi PSG memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dengan diperolehnya nilai t sebesar 3 991 dengan signifikansi 0 000. Selanjutnya diketahui secara simultan bahwa pelaksanaan PSG dan prestasi PSG memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai F sebesar 49 331 dengan signifikansi 0 000 sehingga tingkat signifikansi tersebut lebih kecil dari 0 05 yang menjadi kriteria penerimaan hipotesis.Adapun saran yang diajukan oleh peneliti berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh adalah (1) selama melaksanakan praktik PSG di Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) hendaknya penempatan dan pemberian pekerjaan disesuaikan dengan kemampuan (berkaitan dengan program keahlian) siswa sehingga benar-benar ada relevansinya dengan teori/materi yang diperoleh di sekolah (2) penyediaan petunjuk kerja praktik yang bersifat teknis sehingga dapat memberi arahan pada siswa tentang hal-hal yang seharusnya dilakukan (3) perlu adanya upaya-upaya yang harus dilakukan oleh pihak sekolah/guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa berupa pemberian materi/pelajaran dan jam tambahan penggunaan buku-buku penunjang yang memadai (4) untuk penelitian selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat dijadikan pijakan dengan mengangkat hal-hal baru dan potensial yang memiliki kaitan dengan pelaksanaan PSG.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/34054 |
Actions (login required)
View Item |