Perbedaan prestasi belajar akuntansi antara model pembelajaran siklus (learning cycle) dengan metode konvensional pada siswa SMK PGRI 6 Malang / Indra Kristanto Wahyu Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi belajar akuntansi antara model pembelajaran siklus (learning cycle) dengan metode konvensional pada siswa SMK PGRI 6 Malang / Indra Kristanto Wahyu Hidayat

Indra Kristanto Wahyu Hidayat (2009) Perbedaan prestasi belajar akuntansi antara model pembelajaran siklus (learning cycle) dengan metode konvensional pada siswa SMK PGRI 6 Malang / Indra Kristanto Wahyu Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kristanto Indra. 2007. Perbedaan Prestasi Belajar Akuntansi Antara Model Pembelajaran Siklus (Learning Cycle) Dengan Metode Konvensional Pada Siswa SMK PGRI 06 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Sumadi S.E. M.M. (II) Sriyani Mentari. S.Pd. M.M. Kata Kunci Pembelajaran Siklus (Learning Cycle) Prestai Belajar Metode pembelajaran siklus (Learning Cycle) merupakan salah satu model pembelajaran yang mengacu pada teori konstruktivisme. Pembelajaran dengan metode siklus (Learning Cycle) dapat mengembangkan atau memperkaya konsep-konsep yang telah dimiliki siswa sebagai bekal awal kognisinya. Belajar dengan metode pembelajaran siklus (Learning Cycle) juga dapat membuat siswa lebih aktif dalam belajar karena memungkinkan siswa belajar secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar akuntansi siswa antara pembelajaran siklus (Learning Cycle) dengan metode konvensional pada siswa SMK PGRI 6 Malang. Penelitian ini pada siswa kelas X SMK PGRI 6 Malang yang diambil dua kelas yaitu kelas Akuntansi 1 sebagai kelas kontrol yaitu siswa yang mendapatkan pengajaran dengan metode konvensional (ceramah dan tanya jawab) dan kelas Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen yaitu siswa yang mendapatkan perlakuan atau pembelajaran dengan menggunakan metode siklus (Learning Cycle). Analisis yang dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara pembelajaran siklus (Learning Cycle) dengan metode konvensional (prestasi belajar dengan Learning Cycle lebih tinggi) sehingga model pembelajaran siklus ini dapat digunakan atau diterapkan pada mata diklat akuntansi di SMK PGRI 6 Malang sebagai alternatif dari metode yang biasa dipakai dalam mata diklat akuntansi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya perbedaan prestasi belajar akuntansi siswa yang signifikan antara pembelajaran siklus (Learning Cycle) dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34050

Actions (login required)

View Item View Item