Pengaruh tipe kepribadian extrovert dan introvert guru akuntansi terhadap prestasi belajar mata diklat akuntansi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Akuntansi di Kota Malang / Sri Utami Ningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh tipe kepribadian extrovert dan introvert guru akuntansi terhadap prestasi belajar mata diklat akuntansi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Akuntansi di Kota Malang / Sri Utami Ningsih

Sri, Utami Ningsih (2009) Pengaruh tipe kepribadian extrovert dan introvert guru akuntansi terhadap prestasi belajar mata diklat akuntansi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Program Keahlian Akuntansi di Kota Malang / Sri Utami Ningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utami Sri Ningsih. 2007. Pengaruh Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert Guru Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jurusan Akuntansi Di Kota Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Cipto Wardoyo SE M.Pd MSi Ak. (II) Dra. Suparti M.Pd. Kata Kunci Tipe kepribadian extrovert dan introvert Guru prestasi belajar akuntansi Tidak bisa dipungkiri bahwa guru merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Guru adalah figur sentral dalam dunia pendidikan khususnya saat terjadinya proses interaksi belajar mengajar. Oleh karenanya guru harus memiliki karakteristik kepribadian yang ideal. Hal yang perlu diperhatikan adalah tipe kepribadian yang meliputi extravert dan introvert guru akuntansi. Tipe kepribadian ini secara langsung akan mempengaruhi perlakuan mereka kepada mata pelajaran akuntansi dan siswa yang mereka bimbing. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh tipe kepribadian extrovert dan introvert guru akuntansi terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Populasi dalam penelitian sekaligus menjadi sampel total yaitu guru akuntansi sekolah menengah kejuruan jurusan akuntansi dikota Malang yang terdiri dari 8 sekolah baik negeri maupun swasta yang mempunyai jurusan akuntansi dengan jumlah populasi 37 orang. Pengumpulan data menggunakan angket tes penentuan kepribadian dan dokumentasi rata rata kelas nilai ulangan harian siswa bidang studi akuntansi. Untuk teknik analisis digunakan metode regresi linier berganda (uji t dan uji F) dengan tingkat signifikansi 0 000. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan tipe kepribadian extrovert dan introvert guru akuntansi berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi siswa. Pengaruh tipe kepribadian extrovert dan introvert guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa adalah kuat hal ini dikarenakan sekitar 54 8 % memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan sisanya dikarenakan oleh faktor lain seperti kemampuan intelegensi bobot untuk situasi belajar yang khusus motivasi atau dorongan untuk belajar faktor jasmani dan faktor faktor ekstern lainnya. Saran yang dapat dikemukakan berkaitan dengan penelitian ini adalah sebagai berikut (1) diharapkan pihak sekolah tidak mengabaikan kondisi psikologis guru terutama kepribadian guru (2) hendaknya guru menyadari perannya secara psikologis terhadap siswa (3) penelitian selanjutnya bisa dilakukan dengan mengeksplorasi faktor faktor yang dominan dalam pembentukan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34049

Actions (login required)

View Item View Item