Pengaruh manajemen kelas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII IPS SMA Negeri 3 Malang / Eunike Meilina Hunsam - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh manajemen kelas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII IPS SMA Negeri 3 Malang / Eunike Meilina Hunsam

Eunike, Meilina Hunsam (2010) Pengaruh manajemen kelas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII IPS SMA Negeri 3 Malang / Eunike Meilina Hunsam. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hunsam Eunike Meilina. 2007. Pengaruh Manajemen Kelas dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI dan XII IPS SMA Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Sutatmi SE M.Pd M.Si Ak. (II) Puji Handayati SE M.M Ak. Kata Kunci Manajemen kelas motivasi belajar prestasi belajar. Manajemen kelas merupakan seperangkat aktivitas guru yang bermakna menciptakan mengembangkan mempertahankan mengendalikan dan juga menimbulkan iklim pembelajaran di kelas agar efektif untuk aktivitas belajar. Beberapa pendekatan manajemen kelas antara lain (1) pendekatan modifikasi perilaku (2) pendekatan iklim sosio emosional dan (3) pendekatan proses kelompok. Motivasi belajar merupakan salah satu motivasi instrinsik yaitu penggerak dalam diri seseorang untuk mencapai prestasi belajar setinggi mungkin demi penghargaan terhadap diri sendiri. Fungsi motivasi dalam belajar antara lain (1) mendorong timbulnya tingkah laku atau perbuatan (2) motivasi berfungsi sebagai pengarah dan (3) motivasi berfungsi sebagai penggerak. Ada dua jenis motivasi yaitu motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik. prestasi belajar adalah penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol angka huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak dalam periode tertentu. Manfaat prestasi belajar antara lain sebagai indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah dikuasai anak didik sebagai lambang pemuasan hasrat ingin tahu sebagai bahan informasi dalam inovasi pendidikan sebagai indikator intern dan ekstern dari suatu institusi pendidikan dan sebagai indikator terhadap daya serap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh manajemen kelas terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII IPS SMA Negeri 3 Malang (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII IPS SMA Negeri 3 Malang dan (3) mengetahui pengaruh manajemen kelas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII IPS SMA Negeri 3 Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan alat analisis menggunakan regresi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII IPS SMA Negeri 3 Malang Tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 30 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk manajemen kelas dan motivasi belajar siswa adalah kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah persentase dan regresi linier berganda dengan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis manajemen kelas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar karena Sig t sebesar 0 337 sehingga 61537 61502 0 05 motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar karena Sig t sebesar 0 26 sehingga 61537 61500 0 05. Pengaruh manajemen kelas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar menunjukkan hasil analisis Sig F (0 045) 61500 61537 (0 05) sehingga Ho yang menyatakan tidak ada pengaruh yang signifikan antara manajemen kelas dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI dan XII IPS SMA Negeri 3 Malang ditolak. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada beberapa pihak yaitu (1) guru hendaknya dapat meningkatkankan manajemen kelas yang akan dilakukan di dalam kelas (2) siswa kelas XI dan XII IPS SMA Negeri 3 Malang hendaknya dapat meningkatkan sekaligus mempertahankan motivasi belajar yang telah dimiliki agar dapat mempunyai kesempatan yang besar meraih prestasi belajar secara maksimal (3) bagi guru dan siswa disarankan untuk dapat bekerjasama dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif untuk kegiatan belajar mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/34047

Actions (login required)

View Item View Item